Kapuas

Banjir Di Kapuas Tengah Pemkab Tetapkan Status Tanggap Darurat

KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menetapkan status tanggap darurat terkait bencana banjir di wilayah Kecamatan Kapuas tengah pada Kamis 30 Maret 2023.

Bencana banjir kembali terjadi di Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas. Berdasarkan laporan pusdalops penangulangan bencana BPBD Kapuas, bahwa banjir melanda tujuh desa di kecamatan kapuas tengah yaitu Desa Merapit, Tapen, Kota Baru, Pujon, Bajuh, Penda Muntei Dan Desa Kayu Bulan. Bencana banjir tersebut merendam sebanyak 1.789 unit rumah dan sebanyak 2.712 kepala keluarga atau 8.527 jiwa terdampak.

Pemerintah Kabupaten Kapuas pun saat ini telah meningkatkan status bencana banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dari semula siaga menjadi status tanggap darurat. Selain itu pemerintah kabupaten Kapuas juga menurunkan tim dalam rangka penanganan banjir di Kecamatan Kapuas Tengah. Tim ini diantaranya terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Dinas Sosial, Tagana Dan Dinas Kesehatan.  

Panahatan sinaga menambahkan, untuk lokasi dapur umum akan dipusatkan di lingkungan kantor kecamatan kapuas tengah karena letaknya cukup tinggi. Kemudian BPBD Kapuas juga telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan melalui puskesmas untuk menyisir apabila ada warga yang mengalami sakit.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments