P. Pisau

Banjir Terparah, Akses Jalan Antar Kabupaten/Kota Buka-Tutup

PULANG PISAU - Tingginya debit air diakibatkan intensitas curah hujan yang tinggi dan kiriman dari arah hulu sungai, membuat luapan sungai kahayan naik. Banjir merendam ruas jalan hingga tiga kilo lebih. Petugas gabungan di lapangan berlakukan sistem buka tutup bagi pengguna jalan.Beginilah suasana penyekatan ruas jalan poros tengah trans kalimantan penghubung antar kabupaten/kota. Tepatnya di desa penda barania,kecamatan kahayan tengah, kabupaten pulang pisau, kalimantan tengah. 

Akibat ruas jalan terendam air hingga lutut orang dewasa banyak pengendara roda dua dan roda empat memakirkan kendaraannya di pinggir jalan, karena tidak dapat melewati jalan tersebut. Beberapa pengendara roda dua dan warga menggunakan jasa transportasi penyeberangan milik warga sekitar agar dapat melalui akses jalan yang terputus.Kapolsek kahayan tengah, iptu rozikin mengatakan banjir yang menggenangi ruas jalan saat ini kurang lebih sepanjang tiga kilo meter. 

Kapolsek menambah untuk keadaan ruas jalan terparah dari kemarin hingga saat ini, tepatnya di tengah-tengah banjir, kurang lebih sepanjang tiga ratus meter. Jalan yang rusak dan berlubang tidak jarang membuat kendaraan roda empat yang kelebihan muatan seperti truk terguling saat melintas.Untuk mengurangi kecelakaan pada malam hari maupun siang hari, pihaknya bersama petugas gabungan melakukan sistem buka tutup dari arah kota palangkaraya maupun sebaliknya. 

Hingga saat ini proyek jembatan layang masih di kerjakan. Petugas gabungan juga menghimbau bagi pengendara roda dua maupun roda empat yang berukuran kecil untuk tidak melewati arus. Namun untuk kendaraan roda empat dan roda enam dengan ukuran besar bisa melewati ruas jalan, maksimal 5 kendaraan.

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments