P. Raya

Bantuan Bahan Pokok Untuk Tiga Kabupaten Disalurkan

FOTO: EDY/HUMA BETANG
PENYALURAN BANTUAN - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya menyalurkan bantuan untuk tiga kabupaten secara simbolis, Senin (19/10/20)

PALANGKA RAYA  - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov) kembali menyalurkan bantuan sosial berupa beras kepada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di tiga kabupaten yakni, Katingan, Gunung Mas dan Seruyan. Pelepasan bantuan dilaksanakan secara simbolis oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, di Lobi Kantor Gubernur Kalteng, Senin (19/10).
“Bantuan beras yang disalurkan kepada masyarakat ini merupakan bantuan sosial dari pemerintah pusat untuk mengurangi beban masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah oleh Kementerian Sosial RI (Kemensos),” kata Habib Ismail yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng Hamka, Inspektur Kalteng Sapto Nugroho, Plt Kepala Dinas Sosial Kalteng Rian Tangkudung serta Kepala Perangkat Daerah Kalteng terkait dan Pendamping Program Keluarga Harapan .
Habib Ismail Bin Yahya juga mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng telah menyalurkan berbagai bansos sebagai upaya membantu masyarakat di Kalteng yang terdampak pandemi. 
Bantuan sosial yang telah disalurkan meliputi Bantuan tunai bagi 63.870 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bantuan tunai bagi 1.000 anak luar panti, bantuan tunai bagi 1.662 penyandang disabilitas, bantuan tunai bagi 1.150 lanjut usia, bantuan sembako bagi 112.429 KPM dan bantuan sembako bagi 750 anak dalam lembaga kesejahteraan sosial. Habib Ismail Bin Yahya berharap bantuan beras yang disampaikan tepat sasaran.
Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat. Semoga program-program tersebut dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan nutrisi warga kurang mampu di Kalteng yang terdampak pandemi Covid-19,” tutupnya.
Berdasarkan data yang dihimpun, setiap KPM menerima bantuan 15 kilogram beras kualitas medium. Total bantuan sosial beras yang disalurkan lebih dari 2.214 ton beras. Total KPM yang menerima bantuan dari pusat di 14 kabupaten/kota se-Kalteng mencapai 49.203 KPM. Adapun penerima bantuan sosial beras untuk Katingan yakni 3.621 KPM, Gunung Mas 1.152 KPM dan Seruyan 1.829 KPM.
Penerima bansos beras di Kabupaten Katingan berjumlah 20 Ton untuk 452 KPM, terbagi di dua kecamatan masing-masing Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 16 Ton untuk 356 KPM dan Kecamatan Tasik Payawan sebanyak 4 Ton untuk 96 KPM. Sementara, penerima bansos beras di Kabupaten Gunung Mas berjumlah 19 Ton untuk 426 KPM, terbagi di 4 Kecamatan masing-masing Kecamatan Manuhing sebanyak 45 Kg untuk 133 KPM, Kecamatan Manuhing Raya sebanyak 45 Kg untuk 165 KPM, Kecamatan Rungan sebanyak 45 Kg untuk 39 KPM dan Kecamatan Rungan Barat sebanyak 45 Kg untuk 89 KPM. Kemudianpenerima bansos beras di Kabupaten Seruyan berjumlah 15 Ton untuk 340 KP. Penyaluran bansos beras akan dilaksanakan pada hari Kamis 22 Oktober 2020. Total beras yang disalurkan di Prov. Kalteng sebanyak 2.214.135 Kg atau 2.214 Ton untuk 49.203 KPM se-Kalteng.

(EDY/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments