Nasional

Barito Utara Masuk 10 Pemda Terbaik Pelaksana Transformasi Digital se-Indonesia

JOGJAKARTA -  Hari ini pemerintah kabupaten Barito Utara, menerima penghargaan luar biasa. Yaitu sebagai pemerintah daerah terbaik se-Indonesia yang melaksanakan transformasi digital dalam tata kelola pemerintahannya. Hal ini cukup mengagetkan. Sebab sebagai daerah yang tergolong berada jauh dari hiruk pikuk kemajuan teknologi digital, sebenarnya pemerintah kabupaten Barito Utara baru saja bergerak tahun 2023 lalu mengikuti tuntutan digitalisasi. Yaitu dalam rangka mengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sesuai Perpres 95/2018.

Penghargaan diberikan oleh Fakuktas Ekonomi dan Bisnis (FEB Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta yang tergabung dalam kelompok peneliti Pusat Kajian Sistem Informasi (PKSI). Tim yang dipimpin oleh Prof. Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA, ini rupanya telah lama meneliti daerah-daerah yang melaksanakan transformasi digital.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kab. Barito Utara yang hadir menerima penghargaan mewakili pemerintah Barito Utara, H. Mochammad Ikhsan, AKS, mengatakan cukup exited dengan penghargaan ini. Kami sebenarnya baru tahun 2023 tadi bergerak cepat melaksanakan transformasi digital. Alhamdulillah upaya ini berjalan berkat dukungan semua elemen di pemerintahan, kata Mochammad Ikhsan.

Beliau juga mengatakan bahwa sebenarnya melaksanakan proses transformasi digital bagi daerah yang jauh dari kemajuan teknologi, bukanlah perkara mudah. Selain prosesnya yang memerlukan kebertahapan, ego sektoral juga masih menjadi hambatan yang mempengaruhi pergerakan. Hal ini terjadi, akibat tidak satunya pemahaman dalam mengkonstruksi suatu permasalahan, tambah Mochammad Ikhsan.

Saat ini berbagai aspek pemenuhan dalam sistem tata kelola pemerintahn berbasis elektronik, signifikan nampak terlihat cukup menonjol di Barito Utara. Selain infrastruktur serba digital, berbagai aplikasi yang digunakan, dashboard monitoring, dan jaringan-jaringan telekomunikasi juga telah merambah sampai ke desa-desa terpencil. Semua dilakukan atas inisiatif pemerintah Barito Utara dengan koordinasi bersama pemerintah pusat.

Untuk itulah kenapa Pusat Kajian Sistem Informasi UGM sangat mudah melakukan pengamatan serta analisis riset. Peratingan, dilakukan dan di-source melalui data website resmi pemerintah serta sumber media publik lainnya yang bersifat kredibel. Meliputi; tata kelola dan kepemimpinan, kebijakan, reformasi administrasi, tata kelola data, ekosistem digital, platform terpusat, dan keamanan cyber.

 

(Mardedy)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments