P. Pisau

Pj Bupati Pulang Pisau Dorong Pengaktifan Kembali Dasawisma

PULANG PISAU -  Bertempat di Aula Banama Tingang, Gedung Sekretariat Daerah, pada hari Rabu, (09/10/2024), Diadakan  seminar kajian awal mengenai pemberdayaan Dasawisma di Desa Hanjak Maju. Seminar ini diadakan untuk menggali lebih dalam bentuk-bentuk pemberdayaan yang dapat diterapkan melalui Dasawisma, bagian dari program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Yang  dihadiri langsung  oleh Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani.

Nunu menjelaskan bahwa Dasawisma merupakan unit terkecil di masyarakat yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan keluarga. Melalui Dasawisma, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti pemberdayaan ekonomi, pendidikan keterampilan rumah tangga, pengelolaan lingkungan, dan penguatan jaringan sosial. Semua ini bertujuan untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat, terutama di wilayah pedesaan.

Selain itu, Dasawisma juga berperan dalam penyebaran informasi, mendukung pembangunan, serta menjadi bagian dari gerakan kesehatan masyarakat. Nunu menekankan bahwa Dasawisma dapat membantu menangani berbagai krisis sosial yang mungkin muncul di tengah masyarakat, dengan cara memberikan dukungan langsung kepada keluarga.

Namun, pada tahun 2024, dari 95 desa dan 4 kelurahan di Pulang Pisau, hanya enam desa yang mengaktifkan Dasawisma. Hal ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah daerah untuk kembali menggerakkan Dasawisma. Menurut Nunu, keberadaan Dasawisma sangat krusial untuk mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai program pemerintah.

Terakhir ia menyampaikan harapannya, dengan pengaktifan kembali Dasawisma, masyarakat Pulang Pisau dapat menjadi lebih mandiri dan sejahtera. Meski zaman sudah modern, Dasawisma tetap relevan dan mampu mendukung berbagai program pembangunan, kesehatan, dan pendidikan di lingkungan masyarakat itu sendiri, karena menyentuh langsung setiap sendi yang ada dalam masyarakat itu sendiri.

 

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments