P. Raya

Batamad Provinsi Kal-Teng Salurkan Bantuan

PALANGKA RAYA- BATAMAD Provinsi Kalimantan Tengah dan BATAMAD Kab. Katingan laksanakan bhakti sosial dengan memberikan bantuan berupa bahan pokok kepada tiga Kecamatan di Kabupaten Katingan. “Senin (13/09/2021).

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Katingan dua pekan ini, menggugah rasa kemanusiaan semua kalangan untuk memberikan bantuan. Salah satunya adalah BATAMAD atau Badan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak) Provinsi Kalimantan Tengah yang di nahkodai oleh Yuandreas.

Koordinator pasukan Batamad Provinsi Kalimantan Tengah Pdt. Bobo Wanto Baddak dan  Bendahara Batamad Kalteng Irianty, mengatakan  bantuan tersebut  dibagikan langsung bersama pengurus Batamad Kabupaten Katingan kepada perwakilan Kecamatan Sanaman Mantikei, Kecamatan Pulau Malan dan Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, untuk selanjutnya disalurkan kepada warga yang terdampak.

Bantuan sembako  sebanyak 5 ton beras tersebut berasal dari sumbangan  Ketua Umum DAD Kalteng , Karabatan Taking Matar, Cherys Yuandrias dan anggota BATAMAD Provinsi Kalteng.

Adapun lokasi yang akan menerima bantuan tersebut terdiri dari Kecamatan Pulau Malan ada 14 Desa,  dengan jumlah bantuan berupa beras sebanyak 460 sak @5kg. Kecamatan Tewang Sanggalang Garing,  285 sak beras @5kg,  untuk 5 Desa; terdiri dari Desa Bangkuang, Tewang Rangkang, Tarusan Danum dan Hampalam.

Sedangkan Kec. Katingan Tengah di Desa Rantau asem sebanyak 50 sak beras @5kg, dan Kecamatan Sanaman Mantikei desa Tumbang Labehu 50 sak beras @5kg. Untuk Posko dapur umum BATAMAD Katingan 30 sak.

“Irianty, Bendahara BATAMAD mengungkapkan rasa tulus, haru dan bangga sebagai sesama manusia, bisa berbagi dalam memberikan sesuatu yang sangat di butuhkan masyarakat yang terkena musibah. Ini merupakan salah satu program BATAMAD terhadap masyarakat Dayak dan suku lainnya yang ada di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah.

Panglima BATAMAD Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Pemerintah, Ketua DAD Kalteng, BATAMAD Katingan, perwakilan Kecamatan, para donatur dan seluruh pengurus serta pasukan BATAMAD yang telah membantu kelancaran penyaluran bantuan. Ia berharap bantuan bisa bermanfaat mengurangi beban para korban banjir serta berharap banjir dan pandemi Covid19 ini segera berlalu. Masyarakat Dayak dalam setiap aktifitasnya selalu menerapkan protokol kesehatan.

(Altius Utama)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments