P. Raya

BEM Kunjungan  Silahturahmi Ke Dinakertran

PALANGKA RAYA - Menerima kunjungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Palangka Raya (UPR) dalam rangka memperingati Mayday dan menjalin silaturahmi antara mahasiswa dan Disnakertrans Provinsi Kalteng, di ruang kerja Kadisnakertrans Provinsi Kalteng, Selasa (7/5/2024).

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng Farid Wajdi menyambut baik dan mengharapkan agar para mahasiswa dapat membantu menyampaikan informasi dan mensosialisasikan kepada mahasiswa yang telah lulus dan berminat bekerja pada perusahaan di Kalteng untuk mendaftar lowongan kerja di Job Fair.

“Di area Kalteng Expo akan diadakan Job Fair bagi lulusan UPR dan Perguruan Tinggi lainnya, silakan mendaftar sesuai Lowongan Kerja yang tersedia,"ucap Farid.

Lebih lanjut Farid mengatakan, dalam memperingati Mayday telah dilakukan dialog sosial untuk mencari solusi permasalahan ketenagakerjaan di Kalteng. Yaitu terkait peningkatan sumber daya manusia melalui Balai Latihan Kerja dan kegiatan pelatihan lainnya, penempatan tenaga kerja melalui Job Fair, pemagangan, bekerja di luar negeri, dan perlindungan tenaga kerja melalui sarana hubungan industrial dan pengawasan tenaga kerja.

“Semua yang kami lakukan pastinya memperhatikan kesejahteraan para tenaga kerja dengan memperoleh keadilan dalam pelayanan ketenagakerjaan,"Jelas  Farid.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa BEM UPR David Benedictus Situmorang mengkritisi permasalahan ketenagakerjaan seperti kecelakaan kerja, pengupahan, Rancangan Undang Undang (RUU) Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT), dan peningkatan sumber daya manusia.

Diharapkan agar Upah Minimun Provinsi atau Upah Minimum Kabupaten dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Terkait RUU PRT, sangat relevan untuk disahkan segera, karena mencegah segala bentuk kekerasan terhadap PRT. “Kami juga siap berkolaborasi dengan Disnakertrans dalam penyiapan SDM," tutur David.

Kegiatan dihadiri antara lain, Kepala Bidang Hubungan Industri dan Jamsostek Fritman Banlo, Mediator Hubungan Industrial Agus Indra Bayu, Mediator Hubungan Industrial Fernando, Perencana Ahli Muda Heru Setiawan, Plt. Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Yoyok, serta tim BEM UPR.

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments