P. Raya

Berkurangnya Pengunjung Wisata Batu Banama

PALANGKA RAYA - Banyaknya wisata alam baru yang ada di kota Palangka Raya, berdampak pada berkurangnya kunjunga pada wisata batu banama. Hal itu di katakan anggota lembaga wisata wawanto pada Kamis 19 Januari 2023.

Objek wisata bukit tangkiling jalan batu kelurahan Tangkiling Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, merupakan salah satu objek wisata dengan panoroma yang bebeda dari wisata lainnya yakni batu yang berbentuk perahu atau biasa masyarakat lokal menyebutnya batu banama. Selain dari pemandangan alam yang indah, di sekitar tempat wisata juga terdapat rumah kecil yang disebut pasah patahu tempat masyarakat dayak atau pengunjung yang lewat meletakan sesaji. Wisata yang berjarak kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Palangka Raya kini nampak sepi pengunjung.

Anggota lembaga wisata, Wawanto mengatakan bahwa dalam sehari ada 5 orang saja.  Hal ini di karena banyak wisata baru yang sudah buka disekitar wilayah bukit tangkiling.

Wawanto beharap, pemerintah daerah bisa terlibat dalam mengelolaan wisata. Sehingga dengan adanya kerja sama pemerintah daerah dan pengelola wisata batu banam, dapat memperhatikan fasilitas yang ada atau bahkan menambah sehingga dapat mengembalikan jumlah pengunjung.

(Riska Susanti/Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments