P. Raya

Bimtek Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Menggelar Bimtek, Pembinaan Dan Peningkatan Tenaga Pelestari Cagar Budaya. Kegiatan Bertempat di Hotel Swiss Bellhotel Danum Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Rabu (10/5/2023).

Kegiatan yang bertemakan "Pemetaan Cagar Budaya" dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 10-12 Mei 2023, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari.

“Pelestarian Cagar Budaya merupakan bagian dari warisan peradaban masa lampau Bangsa  Indonesia secara umum dan bagi Kalteng secara khusus, “ Ucap Adiah.

Lebih lanjut Adiah mengatakan cagar budaya tidak hanya memiliki nilai kebendaan semata, budaya dan sejarah yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kehidupan masyarakat Kalteng secara umum.

“Sering kali menjadi faktor serius terhadap upaya Pelestarian Cagar Budaya berasal dari faktor manusia, baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja, Hal tersebut akibatnya kurangnya pengetahuan tentang nilai nilai penting yang terkandung dan melekat dalam objek objek Cagar Budaya. Dengan kuatnya pemahaman para pelihara mengenai Pelestarian cagar budaya diharapkan dapat  menjadikan mereka sebagai ujung tombak dalam Rangka Sosialisasi kepada masyarakat umum,” imbuhnya.

Menurut Adiah, dengan terpeliharanya Cagar Budaya Kalteng maka nilai budaya sosial, dan sejarah yang ada di dalamnya akan terpeliharanya. Nilai ini akan menjadi salah satu elemen, untuk membentuk jadi diri, masyarakat kalteng secara umum.

Hadir dalam kegiatan Narasumber Pada Kegiatan tersebut, Perwajilan Balai Pelestarian Budaya Hadi, dan Peserta Bimtek  dari Kabupaten/Kota.

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments