P. Raya

Bimtek untuk Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kesejarahan

PALANGKA RAYA - Bimbingan teknis (bimtek) untuk meningkatkan kapasitas tenaga kesejarahan digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dimana untuk peningkatan wawasan, ruang kreatif, serta perspektif baru dalam pembelajaran sejarah bagi tenaga kesejarahan masa kini. Acara ini berlangsung pada hari Senin, 22 Juli 2024, di Aquarius Boutique Hotel.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Nuryakin, melalui Staff Ahli Gubernur bidang Kesejahteraan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), Suhaemi, memberikan sambutan. Suhaemi mengharapkan agar kegiatan bimtek ini dapat memberikan wawasan, ruang kreatif, serta perspektif baru dalam pembelajaran sejarah bagi tenaga kesejarahan masa kini.

Menurut Suhaemi, pembelajaran sejarah sangat strategis dan selalu menjadi salah satu faktor penentu dalam menemukan dan pembentukan jati diri serta identitas suatu bangsa. Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Adiah Chandra Sari, dalam wawancara singkatnya menyatakan bahwa sejarah dapat dijadikan sebagai konten menarik dalam berbagai media, baik fotografi, videografi, maupun film dokumenter.

Adiah juga menambahkan bahwa target dari Disbudpar adalah mengangkat potensi-potensi kesejarahan di Kalimantan Tengah untuk dikenal lebih luas.

Acara bimtek ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para tenaga kesejarahan di Kalimantan Tengah dalam mengemas sejarah lokal menjadi konten media yang menarik dan edukatif Dimana para pembuat film nasional dapat mengangkat setiap cerita Sejarah khususnya di Kalimantan Tengah dan dikemas dalam sinematografi yang apik, serta meningkatkan rasa kebangsaan dan identitas di kalangan masyarakat.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments