P. Raya

Buah Kapul, Unik dan Langka yang Hanya Ada di Kalimantan

Palangka Raya - Sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman tidak hanya budaya tapi juga flora dan fauna, tak heran jika di setiap wilayah yang ada di Indonesia kerap dijumpai sejumlah ciri khas berbeda akan berbagai hal, mulai dari makananan dan minuman tradisional sampai jenis tanaman yang hanya bisa ditemui di wilayah tertentu.

Kalimantan tentu menjadi salah satu wilayah yang selama ini juga dikenal memiliki keanekaragamannya tersendiri. Sering dibahas mengenai makanan, minuman, budaya, maupun tari tradisional yang dimiliki, kali ini perbedaan unik yang tak kalah menarik untuk disorot yaitu mengenai jenis buah langka yang tidak bisa ditemui di wilayah lainnya.

Memiliki berbagai jenis buah unik, salah jenis buah yang dimaksud mungkin ada yang belum pernah didengar atau diketahui oleh sebagian besar pembaca salah satunya  Buah Kapul unik dan langka yang hanya bisa ditemui di Kalimantan. 

Jika melihat dari segi bentuk, tekstur daging, dan pohon, Kapul sebenarnya masih satu kerabat dengan buah manggis. Bedanya, kulit dari buah ini berwarna coklat muda. Selain itu, Kapul juga masih satu kerabat dengan buah menteng dan rambai, tetapi berukuran lebih besar dan berkulit lebih tebal.

Kerap disebut dengan banyak nama di tiap wilayah dan suku berbeda seperti Pasin, Pegak (Suku Dayak Tunjung), Puak, Tampoi (Suku Dayak Iban), Setai (Dayak Kenyah), Jentikan (Kutai), Tampoi (Kedayan), dan masih banyak lagi.

Soal rasa, buah ini ternyata juga hampir mirip seperti manggis, yakni manis yang diikuti dengan rasa asam dan segar.

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments