P. Raya

Kick Off Penandatanganan Kontrak Barang dan Jasa Secara Serentak di Prov. Kalteng Tahun 2022

Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo memimpin kegiatan Kick Off Penandatanganan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Secara Serentak di Provinsi Kalimantan Tengah, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur, Senin 17 Januari 2022.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub Edy Pratowo menyampaikan bahwa ada tiga aspek penting yang menjadi sasaran dalam acara Kick off penandatanganan kontrak secara kolektif ini.

Pertama kegiatan Kick off ini dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahuh 2015 Tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Kedua adalah dalam rangka pengembangan kegiatan-kegiatan sektor riil dan sektor ekonomi unggulan dengan mengacu pada satuan wilayah pengembangan. Terakhir, adalah percepatan pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah melalui pemerataan pembangunan ekonomi.

Kemudian, berdasarkan data APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah Tahun 2022, prioritas program-program dan kegiatan pembangunan teIah ditujukan untuk menciptakan kondisi ekonomi yang kondusif dan kompetitif, diarahkan untuk mampu menarik investor baru dan partisipasi sektor swasta dalam rangka menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi angka kemiskinan serta jumlah pengangguran.

“Untuk membangun Provinsi yang begitu luas ini, dengan karakteristik dan ragam permasalahan yang ada di daerah, termasuk potensi sumber daya yang besar, diperlukan sumber pembangunan dan sumber pembiayaan yang besar juga. Inilah pentingnya kita lakukan secara bersama-sama, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pemerintah Pusat kita mengontrol mana yang telah berjalan dengan baik, mana yang belum berjalan dengan baik untuk dilakukan evaluasi pada masa akan datang,” tutup Edy. 

Adapun Data Kick Off Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2022 yaitu jumlah Paket sebanyak 151, Pagu senilai Rp. 99 Milyar dengan total nilai kontrak sebesar Rp 76 Milar lebih. Selanjutnya, untuk Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng secara keseluruhan terdapat 17 Perangkat Daerah (Dinas, Badan, Biro) dengan total sebanyak 299 paket dan nilai Kontrak Rp 110 Miliar lebih.
 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments