Kalteng

BUMDes jadi konsep strategi Percepatan Pembangunan Desa

PURUK CAHU,– Baru baru ini adanya Wacana menggabungkan penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) digaungkan anggota DPRD Murung Raya, Heriyus M Yoseph. Menurutnya wacana ini bisa menjadi konsep strategi untuk percepatan pembangunan desa di Murung Raya.

Ia mengatakan masing-masing desa yang nantinya berbentuk perseroan terbatas, ini meyakini BUMDes selama ini mampu menciptakan kekuatan ekonomi baru di Kabupaten Murung Raya, tuturnya.

“ Kita perlu mencontoh dan belajar  dari beberapa daerah, seperti di wilayah Provinsi Jawa Timur. Sejak tahun 2018 yang lalu dengan adanya  gabungan BUMDes mereka mampu kembangkan tingginya tingkat perekonomian desa,” ujarnya, Selasa (26/7/2022).

Terobosan ini tidaklah berlebihan. Pasalnya sejak dimulainya desa mengelola dana desa untuk pembangunan infrastruktur, seluruh desa pasti melaksanakan. “Yang sulit adalah  bagaimana agar dana tersebut berkembang dengan pesat ,” ujarnya lanjut.

Menurutnya lagi “Jenis usaha gabungan BUMDes ini, harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan dunia usaha, kunci agar dapat berkembang tentunya harus fokus dan tetap terus belajar mengelola modal yang ada sehingga bisa tercapai kemajuan yang dapat dirasakan masyarakat tersebut,” tukasnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments