Nasional

Bupati Sekadau Panen Perdana Semangka

SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron Sh, melakukan panen perdana buah semangka, sebanyak tiga puluh ton dengan luas lahan, tiga hektar. Yang ditanam dalam waktu tiga bulan. Kebun semangka tersebut dikelola kelompok kerja  di tanah kas Desa Sungai Ayak Satu, Kecamatan Belitang Hilir, Kebupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Sabtu 15 Juli 2023.

Dalam panen pardana tersebut, bupati sekadau aron mengatakan pemerintah kabupaten sekadau sangat mengepresiasi panen pardana hasil kelompok kerja  di tanah kas Desa Sungai Ayak Satu. Mereka telah memberikan terobosan dalam membantu pemerintah meningkatkan sektor pertanian.

Menurut aron, kelompok di tanah kas desa tersebut, bisa menjadi motivasi bagi masyarakat desa lainnya agar turut serta membudi dayakan tanaman semangka maupun tanaman  lainya. Usai panen bupati sempat langsung menikmati buah semangka, rasanya enak tidak kalah sama semangka hasil produksi kabupaten lain, sangat manis dan gurih, demikian bupati berkomentar.

Sande Kepala Dinas DKP3 mengatakan, dengan adanya kegiatan pertanian seperti ini, diharapkan kelompok di tanah kas desa ini bisa mendukung program pemerintih kabupaten sekadau yaitu IP3K.

Struktur tanah yang sangat cocok untuk model produk pertanian ini. Lahan di tanah kas desa yang selama ini menganggur dan hanya diperuntukkan untuk tanaman keras mulai dilirik untuk pengembangan produk pertanian. Lahan tidur di tanah kas desa yang mangkrak mulai menjadi sasaran dari program pemerintah.

Hadir dalam panen pardana tersebut antara lain, Bupati Sekadau, Aron Sh, Kepala Dinas DKP3 Kabupaten Sekadau, Sande, Camat Belitang Hilir, Evodius, S Sos, M.A.P, Ketua Tim Pengerak Pkk Kabupaten Sekadau, Ny. Magdalena Susilawati Sp, Kapolsek Belitang Hilir, Iptu Sudarsono, Kepala Desa Sunagia Ayak Satu, Solihin, dan para pendamping desa lainnya.

 

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments