Kalteng

Cegah Covid-19, Dishub Kapuas Periksa Kapal

KAPUAS - Upaya pencegahan penyebaran covid-19 melalui jalur perairan terus dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas,  Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melewati perairan daerah aliran sungai atau DAS Kapuas.

Pemeriksaan kapal yang melintas perairan das kapuas dilakukan dinas perhubungan kapuas, bekerjasama dengan tni al dan Kantor Kesehatan Pelabuhan  atau KKP Palangka Raya Cabang Kuala Kapuas. Sejauh ini sudah ada kurang lebih 35 buah kapal asal luar kapuas yang sudah diperiksa.

Pemeriksaan pun dilakukan sesuai dengan standar prosedur diantaranya penyemprotan disinfektan dan pengecekan suhu tubuh para anak buah kapal atau ABK.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, Vitrianson, mengatakan, jumlah keseluruhan ABK yang telah diperiksa sebanyak 445 orang.

“Dimana dari hasil pemeriksaan mereka semua sudah cukup dinyatakan sehat, itu dibuktikan dengan adanya surat kuning yang dibuat ABK dari daerah asal,” terang Vitrianson.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kapuas ini pun mengimbau kapal-kapal yang ingin memasuki DAS Kapuas agar mempersiapkan diri baik secara administrasi maupun kesehatan para ABK. Sebab apabila ada awak kapal terindikasi memiliki gejala covid-19, maka pihaknya tidak segan-segan untuk memulangkan awak kapal tersebut dan tidak akan memberikan kartu kuning.

(irfansyah/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments