P. Raya

Cegah Perundungan Anak, Peran Orang Tua menjadi Kunci Penting

Palangka Raya - Hasan Busyairi, selaku  Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, menegaskan bahwa peran orang tua memiliki dampak besar dalam mencegah kasus perundungan, baik sebagai pelaku maupun korban, terutama pada anak-anak.

Ia mengungkapkan hal tersebut pada minggu 26/03/2023 "Salah satu elemen yang sangat penting di sini adalah peran orang tua, untuk dapat  meminimalisasi terjadinya perundungan pada anak-anak,” ujarnya.

Ia menambahkan disini perlu perhatian utama dari para orangtua, Perhatikan prilaku psyikis anak, pahami ciri-ciri anak yang terlibat dalam perundungan. Perhatikan juga fisik anak jika memiliki luka atau memar dianggota tubuhnya, intinya disini orangtualah yang harus jeli memperhatika itu semua.

Jika dirumah disempatkan para orang tua berbicara dengan anak-anak tentang risiko dan dampak negatif dari perundungan, baik bagi korban maupun pelaku. Bagi korban, perundungan dapat mengakibatkan trauma, ketakutan, dan luka fisik serta mental yang akan lama pulihnya

Sementara itu, bagi pelaku perundungan, dampaknya bisa semakin serius, membuat mereka lebih berani dalam perilaku negatif, berpotensi terlibat dalam tindakan kriminal, diusir dari sekolah, bahkan dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Disini membangun komunikasi yang baik harus orangtua ciptakan dan bangun  lingkungan yang aman dan penuh kasih sayang bagi anak-anak mereka," tambahnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments