P. Raya

Cinta Produk Buatan Indonesia  Dan Hayu Berwisata Dan Berkuliner Di Kalteng.

PALANGKA RAYA - Kepala BI (Bank Indonesia ) Taufik Ismail memgatakan " Rangkaian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) yang merupakan agenda tahunan nasional siap diselenggarakan di Kalimantan Tengah pada tanggal 13-16 Juli 2023.

Pada Juli 2023 ini, Kalimantan Tengah ditetapkan sebagai lokasi harvesing GBBI dan GBWI oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dengan mengusung tagline “Hayu Maja Kan Kalteng”, sebuah ajakan dalam bahasa dayak yang berarti Ayo Berkunjung ke Kalimantan Tengah. Dimaksudkan untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM dan meningkatkan kunjungan wisatawan untuk menikmati indahnya kekayaan khazanah wisata di Kalimantan Tengah.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sendiri digaungkan pertama kali pada tanggal 14 Mei 2020. Gerakan ini merespon situasi pandemi waktu itu yang menyebabkan kinerja UMKM/ IKM/ keartisan dan kunjungan wisatawan mancanegara merosot tajam. 

Selanjutnya, mengulang kesuksesan Gernas BBI pada tahun 2020 yang mampu mendorong kinerja pemulihan ekonomi melalui pengembangan UMKM, GBBI dilaksanakan secara tahunan di berbagai Provinsi di Indonesia.

Dalam rangka mengakselerasi GBBI dan GBWI Kalimantan Tengah Tahun 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia mengkolaborasikan kegiatan dimaksud dengan flagship program Pesona Tambun Bungai (PTB), yang juga merupakan agenda tahunan KPwBI Kalteng sejak tahun 2021, guna mempromosikan produk-produk unggulan UMKM wastra, kriya, aksesoris, makanan olahan dan kopi serta destinasi pariwisata. 

Pada PTB 2023 kali ini, pelaksanaannya terintegrasi dengan program nasional maupun daerah yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah (Fesyar), Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI), Festival Tambun Bungai (FTB), Jambore UMKM, Kalteng Expo, dan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Kolaborasi GBBI dan GBWI dengan Pesona Tambun Bungai akan dilaksanakan di Palangka Raya. Berfokus pada penguatan dan perluasan akses pasar UMKM melalui Pameran dan Business Matching sehingga diharapkan adanya peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal, peningkatan daya beli masyarakat, percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal, dan stimulus ekonomi untuk UMKM. Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, kolaborasi GBBI dan GBWI dengan Pesona Tambun Bungai diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk terus bangga menggunakan produk-produk lokal dan berwisata di Indonesia, sehingga sejalan dengan semangat KTT ASEAN 2023 “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Ucap Taufik."

Rangkaian kegiatan akan diselenggarakan mulai hari Kamis, 13 Juli 2023 hingga hari Minggu, 16 Juli 2023, bertempat di area GPU Tambun Bungai, Kota Palangka Raya, yang meliputi Talkshow, pameran produk-produk UMKM khas Kalimantan Tengah, edukasi masyarakat, business matching, serta sejumlah perlombaan. Kegiatan juga akan dimeriahkan oleh artis nasional Band HIVI!, Winda Viska, Intan Aiswara dan Citra Scolastika, Jelasnya."

Berikut adalah rangkaian acara dalam rangkaian GBBI dan GBWI:

1. Kamis, 13 Juli 2023, acara akan dimulai dengan (1) Gelar Pangan Murah bekerja sama dengan BUMN seperti Bulog, IDFood, Pertamina dan Dinas/ Instansi terkait untuk mendukung stabilitas harga pangan di Kalimantan Tengah; (2) Lomba mewarnai bagi anak-anak dalam rangka mendukung hari anak nasional yang jatuh pada 23 Juli 2023, (3)Talkshow Pemberdayaan Perempuan Dalam Rangka Peningkatan Kelompok Ekonomi Berpenghasilan Rendah/ Subsiten; dan (4) lomba fashion show “Pesta Benang Balinga” guna mendukung pengembangan produk turunan wastra Kalimantan Tengah.

2. Jum’at, 14 Juli 2023, akan dilaksanakan puncak acara Opening Ceremony dan Harvesting GBBI dan GBWI Kalimantan Tengah yang akan dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia, Kementerian terkait dan Gubernur Kalimantan Tengah. Pada puncak acara juga akan digaungkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan Tengah, sebagai langkah sinergi bersama untuk tetap mengawal inflasi Kalimantan Tengah tetap berada pada sasaran nasional 3% ± 1% (yoy) pada tahun 2023. Pada siang hari, acara akan dilanjutkan dengan Talkshow Onboarding UMKM guna mengakselerasi penjualan dan pembiayaan UMKM Kalimantan Tengah, dan ditutup oleh pagelaran busana “Pesona Wastra Borneo” yang akan menampilkan khasanah wastra Kalimantan.

3. Sabtu, 15 Juli 2023, akan diselenggarakan (1) Workshop Ecoprinting “Berdaya dan Berkarya Bersama Alam Tambun Bungai”; (2) lomba Tari Tradisional “Lokatari Borneo” dan (3) Happy Shopping yang mengajak masyarakat untuk berbelanja secara masif di area pameran, dengan berbagai doorprize telah disiapkan oleh Panitia. Selanjutnya, pada malam hari akan digelar puncak acara bertajuk ”Kalteng Kahanjak” yang akan menampilkan artis nasional Band HIVI! dan Intan Aiswara, sekaligus menutup rangkaian acara pada hari ketiga. 

4. Pada hari Minggu, 16 Juli 2023, akan dilaksanakan kegiatan lomba lari Hadari Kahayan “Pahari dalam Gelora Kahayan” dan rangkaian penutupan kegiatan GBBI-GBWI dan Pesona Tambun Bungai 2023 Kalimantan Tengah, yang akan dimeriahkan oleh artis Winda Viska serta penyerahan berbagai hadiah lomba dan tentunya doorprize utama kegiatan. 

Pesona Tambun Bungai 2023 yang dikolaborasikan dengan GBBI dan GBWI merupakan wujud nyata kontribusi Bank Indonesia Kalimantan Tengah agar masyarakat Indonesia khususnya di Kalimantan Tengah lebih mencintai dan menggunakan produk atau jasa dari UMKM lokal serta pariwisata lokal, demi menjaga  pertumbuhan ekonomi nasional tetap solid melalui penguatan UMKM dan Pariwisata ditengah tantangan situasi ekonomi global yang masih berlanjut. 

Sejalan dengan itu, GNPIP akan terus digaungkan untuk menjaga inflasi Kalimantan Tengah pada tahun 2023 tetap berada pada sasaran inflasi Nasional 3% ± 1% (yoy), sebagai langkah upaya kita bersama untuk tetap menjaga daya beli dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan Kalimantan Tengah. Mari kita dukung bersama kegiatan GBBI-GBWI-GNPIP Kalimantan Tengah melalui kolaborasi Pesona Tambun Bungai 2023. “Hayu Maja Kan Kalteng, Tutupnya."

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments