P. Raya

Dalam Sepekan Wilayah Kalteng Diprediksi Diguyur Hujan Lebat

PALANGKA RAYA – Seluruh wilayah di Kalimantan Tengah, dalam sepekan ini diprediksi berpotensi mengalami hujan sedang, hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang. Hal ini disampaikan oleh Ika Priti Widiastuti, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya.

Anton mengatakan, pada tanggal 22 hingga 28 November 2021 di wilayah Kaliteng dan sekitarnya diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. “Mulai tanggal 22-28 November, 14 Kabupaten/Kota di wilayah Kalteng diperkirakan berpotensi hujan sedang hingga lebat. Kemungkinan besar disertai petir/kilat dan angin kencang,” ujar Kepala seksi Data dan informasi Anton Budiyono, Rabu 24 November 2021.

Lebih lanjut Anton mengatakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini. Sehingga masyarakat bisa lebih waspada terhadap potensi cuaca yang akan terjadi selama beberapa hari kedepan. “Kami minta agar masyarakat bisa lebih waspada terhadap dampak-dampak yang ditimbulkan. Seperti banjir, genangan air, angin kencang, kilat/petir, pohon tumbang, dan lain sebagainya,” imbau Anton.

Sementara itu, dia juga meminta untuk masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir agar selalu waspada terhadap pertumbuhan awan konvektif (awan Cumulonimbus) yang dapat menimbulkan potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang yang dapat menyebabkan gelombang besar. 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments