Barsel

Damkar Barsel Beraksi Cepat Sertiap Laporan Warga

BARITO SELATAN - Personil damkar yang dipimpin langsung fiat jhon selaku kabid ops penaganan bencana pangkas pohon yang rawan tumbang. Bukan sekedar melakukan penanganan kebakaran ataupun melakukan berbagai penyelamatan dan evakuasi saja, namun damkar Barito Selatan juga melakukan pemangkasan pepohonan yang sudah tua dan dinilai rawan tumbang.

Pelayanan yang cepat diberikan oleh tim rescue bidang damkar dan penyelamatan Barito Selatan tidak hanya jika ada musibah kebakaran atau yang bersifat darurat saja. Namun tim rescue di bawah kendali kabid ops rescue, fiat jhon tersebut  juga merespon dengan cepat segala infor-masi yang disampaikan masyarakat dan salah satunya mengenai pohon yang menimpa kabel  listrik telkom yang sudah dinilai tua dan mudah tumbat oleh angin.

Dengan sigap tidak kurang dari lima belas menit tim rescue damkar sudah tiba di lokasi di panglima batur samping bri, halaman kantor bpmdes, gang tajuk, gang kenanga, hingga di jalan pelita iv buntok untuk memotong pohon yang menimpa kabel listrik dan telkom, kamis ( 9/12/2021) siang.

Hanya dengan hitungan menit, pohon –pohon yang berukuran kecil maupun besar tersebut  dengan cepat dipotong dengan mesin chain saw. Kepala Satpol PP dan damkar ganda daya guna melalui kepala bidang damkar barito selatan fiat jhon mengatakan kepada jurnal tv, dengan telah ditebangnya pohon terse-but maka potensi terjadi tumbang akibat angin bisa diminimalisir . 

Fiat Jhon mejelaskan terjadi pohon tumbang dan saat itu memang hujan sangat deras disertai  angin yang sangat kencang akibat cuaca ekstrim mengakibatkan pohon  yang berada di depan rumah warga dan kantor roboh. Saat di-hubunggi melalui whatsapp, fiat jhon mengatakan, pohon –pohon tersebut sudah berusia tua. Beruntung  selama ini pohon-pohom tua tersebut tidak sempat merenggut kor-ban jiwa. Pihaknya mengimbau masyarakat bisa melaporkan kepada tim rescue damkar jika mendapati ada pohon yang berpo-tensi mengganggu jaringan listrik, telkom, atau pengenda-ra agar dapat segera ditangani,  seperti yang disampaikan Fiat John,  pohon yang rawan tumbang harus ditebang atau dipangkas dahan dan rantingnya, sehingga tidak membaha-yakan warga ataupun rumah warga menurutnya, tidak sedikit keberadaan pepohonan di lingkungan atau pemuki-man masyarakat yang dapat membahayakan. Baik bagi warga ataupun rumah warga. Karenanya, setiap orang harus memperhatikan hal tersebut. Terlebih pepohonan yang sudah berusia tua dan rapuh akan sangat rawan tumbang. Warga harus segera meng-evakuasi dengan menebang pohon tersebut.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments