P. Raya

Daya saing dari UMKN dan IKM Dikota puruk Cahu perlu ditingkatkan

PURUK CAHU,– Para pelaku usaha diminta untuk terus berkembang di tengah persaingan global saat ini. Pemerintah melalui berbagai kebijakan dan upaya telah mendukung para pelaku usaha tersebuti.

Ahmad Tafruji selaku Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya mengatakan , pihaknya terus berupaya untuk mendorong peningkatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) di Kota Puruk Cahu.

“Saat ini pemerintah daerah bukan hanya fokus memberikan sebuah kebijakan dalam mempertahankan kelangsungan usaha UMKM dan IKM saja, tapi juga sudah mengarah kepada bagaimana ke depan usaha UMKM dan IKM lebih maju dan terus berinovasi menyambut tantangan kemasa depannya dengan memanfaatkan teknologi yang telah ada dan mempermudah peluang usaha,” katanya [ada awak media  Rabu (13/7/2022).

Ia sangat berharap UMKM dan IKM masa depan mampu berdaya saing menjadi penggerak perekonomian di tengah masyarakat khususnya di Kota Puruk Cahu.

“Para pelaku usaha harus juga terus memikirkan bagaimana meningkatkan kualitas produknya, sehingga memiliki daya bersaing yang inovatif dan kreatif serta berbasis teknologi,” ujarnya lanjut.

Untuk menuju ke target tersebut para pelaku usaha ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah, baik dari segi permodalan, pelatihan, hingga menjadi jembatan bagi para pelaku usaha dengan pihak perbankan yang ada terutama dalam memberikan kredit yang ringan dan tepat guna.

“Peran pemerintah daerah kita sangat di perlukan oleh seluruh pelaku usaha, untuk mampu terus mengikuti pasar dan teknologi pemasaran,” tandasnya.

Beberapa peluang usaha yang bisa menjadi pilihan oleh para pelaku UMKM dan IKM saat ini di Kota Puruk Cahu. Seperti bisnis kuliner, bisnis fashion, bisnis pendidikan, bisnis otomotif, bisnis agribisnis, bisnis tour dan travel, bisnis produk kreatif, bisnis teknologi internet, bisnis kecantikan, bisnis event organizer, bisnis jasa dan masih banyak lagi  yang berguna bagi pekembangan ekonomi masyarakat dan sekaligus sarana pemberdayaan masyarakat sekitar.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments