P. Raya

Desa Talio Kelurahan Tanjung Pinang Perlu Uluran Tangan Pemerintah

PALANGKA RAYA - Buruknya jalan yang menuju desa talio kelurahan tanjung pinang kecamatan pahandut kota palangka raya, jadi sebab lambatnya perkembangan berbagai bidang pembangunan di desa tersebut.

Infrastruktur jalan adalah salah satu indikator penting dalam Indek Pembangunan Desa tertinggal. Desa Tanjung Talio Kelurahan Tanjung Pinang Kota Palangka Raya adalah salah satu Desa yang mempunyai akses jalan yang buruk. Menurut warga Desa setempat, jalan dengan panjang 1,3 Km lebih itu sudah lama dalam kondisi rusak dan belum pernah ada perbaikan. Bila musim hujan sangat susah untuk dilalui, Hal terpenting yang mereka inginkan adalah perbaikan jalan utama menuju Desa.  Tampak jalan hanya diperbaiki seadanya dengan mengampar bagian bagian jalan yang becek berlubang dengan kayu bulat dan sibitan kayu sisa olahan,  itu pun dari swadaya masyarakat.

Ketua RT setempat yang juga merangkap sebagai mantir Desa Talio Sukardi, saat di hubungi melalui daring  mengatakan sudah pernah mengusulkan perbaikan jalan Desa tersebut melalui Musrenbang Kelurahan yang setiap Tahun dilaksanakan.

Buruknya kondisi jalan menyebabkan beberapa warga menjadi enggan untuk menetap di Desanya  dan lebih memilih tinggal di Bukit Pinang. Hanya sesekali pulang ke Desa untuk menjenguk rumah dan berkebun serta mencari ikan, berakibat pada sepinya Desa dan rumah rumah warga yang kosong tak terawat.

Sukardi mengatakan dari dulu sampai saat  ini yang paling utama mereka inginkan adalah akses jalan  dan dalam Musrenbang itu sudah skala prioritas usulan Desa nya, supaya semua kegiatan seperti ekonomi masyarakat, pelayanan pendidikan dan kesehatan bisa  berjalan normal, seraya menjelaskan bahwa jumlah warga Desa saat ini berjumlah 31 Kepala Keluarga.

Lurah Tanjung Pinang Kecamatan Pahandut, Gerald Namara,S.Sos  pada Rabu 23 /2/202 mengatakan hal yang senada, bahwa benar jalan menuju Desa Talio saat ini kondisinya buruk, apalagi bila musim hujan. Untuk mengupayakan perbaikan jalan tersebut, pihaknya juga sudah memasukan ke dalam program Musrenbang  yang dilaksanakan setiap tahun.

Namun ia berharap kepada warga untuk bersabar karena program pembangunan bukan hanya pada satu wilayah saja yang membutuhkan dan masih banyak tempat yang belum juga terealisasi. Akan tetapi program pembangunan pemerintah akan terus di upayakan secara berkesinambungan dengan tetap mengutamakan kepentingan masyarakat.

Terkait kesejahteraan warga melalui bidang pertanian, pemerintah  sudah pernah mengundang beberapa investor untuk melakukan penanaman komoditas pertanian, namun setelah di lakukan evaluasi  dari investor masih mempertimbangkan berinvestasi melalui wilayah Desa Talio karena kondisi tanah yang rendah.

Lurah juga menyampaikan untuk program perikanan dan pertanian, masyarakat bisa mengusulkan program melalui beberapa penyuluh pertanian dan perikanan yang ada di Kelurahan Tanjung Pinang.

(Altius Utama)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments