Seruyan

Desa Tumbang Kasai Minta PLTMH

KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD seruyan Dapil III, Atinita menyampaikan keingianan masyarakat Desa Tumbang Kasai, Kecamatan Seruyan Hulu, hadirnya jaringan listrik hingga ke desa setempat yang belum juga direalisasikan hingga saat ini.

Saat pihaknya melaksanakan kegiatan reses di desa setempat, warga mengusulkan kepada pemerintah daerah  agar bisa membangunkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), yang dinilai bisa diguanakan di sana, sebab didukung dengan potensi alam yang ada.

“Pembangunan PLTMH  merupakan usulan warga setempat, karena di desa ini memungkinkan untuk pengembangan listrik melalui PLTMH, karena bila berharap menggunakan jaringan listrik yang ada tentunya sangat sulit untuk direalisasikan” katanya Jumat 10/3/2023.

Menurutnya Desa Tumbang Kasai, hingga saat ini belum merasakan adanya aliran listrik sehingga menyulitkan masyarakat dalam beraktivitas terlebih malam hari, oleh karena itu banyak masyarakat meminta agar pemerintah daerah bisa menfaatkan alternative lain dalam penyediaan listrik disana.

Dijelaskan, pembangunan PLTMH sangat tepat untuk menjadi solusi mengatasi tidak adanya listrik di desa tersebut, karena secara geografis desa itu memiliki aliran sungai yang cukup deras sehingga sangat memungkinkan jika dibangun tenaga listrik dengan memanfaatkan aliran sungai.

“Kebutuhan listrik ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah, sebab dengan adanya listrik tentunya akan menambah kemajuan wilayah tersebut, membuka keterisolasian, terutama dalam hal informasi akan mudah didapat sebab peralatan digital bisa digunakan dengan adanya listrik,” ujarnya.

Dengan perkembangan jaman serba digital harusnya juga bisa dinikmati masyarakat

yang tinggal di pelosok. Pemerintah harus memikirkan itu semua, sehingga pihaknya mendorong agar pemerintah daerah bisa melihat potensi alternative bagi masyarakat dalam mendapatkan listrik.  Jangan hanya terpaku dengan jaringan yang ada, penyediaan listrik bagi masarakat pelosok pun harus diperhatikan sehingga masyarakat tidak tertinggal dalam perkembangan jaman dan informasi yang tentunya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di sana.

 

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments