P. Raya

Deteksi Virus Omicron, Ternya Metode PCR Masih Efektif

PALANGKA RAYA - Kepala dinas kesehatan provinsi Kalimantan Tengah mengatakan, virus covid varian Omicron masih mampu dideteksi menggunakan metode PCR. Pernyataan tersebut disampaikannya di aula Jayang Tingang pada selasa, 4 Januari 2022.

Virus covid 19 terus bermutasi sejak ditemukanya pada ahir tahun 2019 yang lalu. Dunia kembali digegerkan dengan temuan covid  varian Omicron yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan baru-baru ini telah terkonfimasi masuk di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan sekema untuk mengantisipasi terjadinya penularan tersebut.

Kepala dinas kesehatan provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum menemukan konfirmasi virus varian Omicron di wilayah Kalteng. Namun untuk mendeteksi itu masyarakat harus memahami bahwa PCR masih mampu untuk mendeteksi posotif meskipun itu Omicron. Hanya saja yang tidak bisa di lakukan oleh PCR adalah dalam memastikan apakah itu Omicron, Delta atau Alpa.

Kepala dinas itu menjelaskan untuk prosedur saat ini setelah seseorang ada yang terkonfirmas postif dan diketahui ada kontak dengan orang dari luar, maka pihaknya akan mengirimnya untuk menjalani pemeriksaan whole genome saquencing, hal itu di lakukan untuk mengetahui virus mutasi itu dari varian apa.

Kepala dinas itu menambahkan Untuk pencegahannya masih sama saja seperti metode yang lama. Masker itu sendiri masih cukup efektif untuk mencegahnya. Ia juga menegaskan sebetulnya varian Omicron ini lebih jinak namun daya tularnyalah yang cukup tinggi.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments