Seruyan

Dewan Usulkan Seruyan Memiliki Lumbung Padi

KUALA PEMBUANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto menyarankan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan membuatkan lumbung padi bagi masyarakat, dan memproduksi sehingga nantinya hal tersebut dapat menekan pelonjakan kenaikan harga beras di pasaran.

Dirinya mengatakan, Kabupaten Seruyan akhir-akhir ini merupakan penghasil padi terbesar, namun hal tersbut tidak diimbangi dengan adanya lumbung padi, hasil panen para petani yang didapat banyak dijual ke para tengkulak, sebab daerah masih belum memiliki penampungan padi bagi masarakat.

“ Saat ini memang kabupaten Seruyan merupakan penghasil padi yang cukup banyak, namun hasil panen tersebut sebagian besar dijual keluar daerah, dan dengan harga yang relative murah, sebab di Seruyan ini masih belum memiliki lumbung padi sendiri,” Ujarnya kamis 25/5/2023.

Dengan adanya pontesi padi yang besar pihaknya berharap pada pemerintah daerah seharusnya melihat potensi tersbut dan dapat mengeluarkan program yang akan berdampak pada kemajuan para petani, salah satunya dengan pembuatan lumbung padi, sehingga masyarakat dapat menjual padi dengan aturan dan harga yang jelas bukan hanya berharap pada tengkulak yang sesuka hati menentukan harga.

“Kami juga menyarankan kepada Pemkab Seruyan agar di Kabupaten Seruyan dibuatkan lumbung padi dan membuat produksi beras dari Seruyan sehingga harga beras bisa bersaing, dan tentunya dampaknya akan meningkatkan hasil para petani tersbut serta bisa menjadi salah satu sektor unggulan yang bisa memajukan daerah,” jelasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments