P. Raya

Dinas Koperasi dan UMKM Sistem Informasi TABE (Tangan Berkah).

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Tingkat Provinsi Tahun 2024, di Ballroom Hotel Best Western Palangka Raya, Senin (29/4/2024).

Sambutan Gubernur Provinsi Kalteng yang dibacakan oleh  Wagub Provinsi Kalteng H.Edy Pratowo mengatakan,  kegiatan rakorda ini merupakan forum yang sangat strategis untuk membangun, meningkatkan, dan memperkuat sinergi, serta kerja sama antara Pemerintah Pusat  dan Daerah, dalam kerangka integrasi, sinkronisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan Koperasi dan Usaha Kecil, dan Menengah (UKM).

Pemerintah Pusat dan Daerah perlu untuk terus memantapkan koordinasi dalam rangka mendorong efektivitas kegiatan Prioritas Nasional, Unggulan, dan Strategis, antara  lain seperti Penataan dan Pengembangan, serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Pelatihan UMKM dan Kewirausahaan,"Ucapnya.

Tingkatkan Kontribusi UMKM Dalam Perekonomian Daerah, Pemerintah Provinsi Kalteng Gelar Rakorda Perencanaan Pusat dan Daerah Tingkat Provinsi Tahun 2024

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng Norhani.

Menurut Wagub, pengembangan koperasi dan UKM harus didukung dengan cara memfasilitasi, memberdayakan, dan menggerakkan sektor-sektor strategis dan potensi-potensi unggulan, sehingga akan mengangkat perekonomian daerah,"Jelasnya.

Selain menggiatkan kembali koperasi, Pemerintah Provinsi Kalteng juga sudah membuat suatu sistem informasi untuk melakukan inventarisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas bagi para pelaku UMKM se-Kalimantan Tengah melalui Sistem Informasi TABE (Tangan Berkah),” imbuhnya.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, untuk menguatkan dan mengembangkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi, perlu adanya kajian pembentukan dan pengembangan program Inkubasi Terpadu Pusat dan Daerah.

Tingkatkan Kontribusi UMKM Dalam Perekonomian Daerah, Pemerintah Provinsi  Kalteng Gelar Rakorda Perencanaan Pusat dan Daerah Tingkat Provinsi Tahun 2024.

“Kita berharap kegiatan ini diikuti dengan baik, sehingga memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para Pembina Koperasi dan UKM se-Kalimantan Tengah, serta mampu diimplementasikan untuk memajukan koperasi dan UMKM,"tuturnya.

Kegiatan dihadiri oleh , para narasumber yakni dari Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan SDM Aparatur Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota se-Kalteng beserta jajaran, dan Pejabat Bappedalitbang Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Kalteng. 

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments