Kapuas

Dinas Perdagangan Kapuas Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Kerajinan Rotan

KAPUAS - Sejumlah pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengikuti pelatihan diversifikasi produk kerajinan anyaman rotan yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM setempat, bekerjasama dengan dinas perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah pada senin 15 november 2021.

Pelatihan diversifiksi produk kerajinan rotan berlangsung di sentra kerajinan rotan ud nabil raihan desa pulau telo baru, kecamatan selat, kabupaten kapuas ini diikuti sebanyak dua puluh orang pengrajin anyaman rotan.

Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Kapuas, Fendinan Junarko mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para pengrajin rotan yang memang telah dibina oleh pihaknya selama ini.

Dalam pelatihan ini para peserta selain diberikan bimbingan secara teknis cara mengolah kerajinan rotan dan cara memproduksi hingga finishing.

Ada pun produk kerajinan rotan yang diajarkan dalam pelatihan ini, seperti pembuatan lemari dari rotan, cermin, tempat tisu, pot bungga dan produk kerajinan rotan lainnya yang dibuat dari hati rotan.

Ferdinan menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk menumbuhkembangkan semangat para pengrajin dan upaya pemulihan perekonomian khususnya di Kabupaten Kapuas.

Sementara itu Reza, salah satu perserta pelatihan mengatakan. Dirinya sangat senang bisa mengikuti pelatihan diversifikasi produk kerajinan rotan tersebut, karena dirinya bisa mendapatkan ilmu atau pengetahun tentang menganyam rotan.

 

(Irfansyah)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments