P. Raya

Dinkes Prov. Kalteng Buka Pertemuan Penyajian Data SDMK dan Rencana Kebutuhan Nakes

PALANGKA RAYA - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Dinkes Prov. Kalteng) menggelar Pertemuan Penyajian Data Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) dan Rencana Kebutuhan Tenaga Kesehatan di Kalimantan Tengah tahun 2024, bertempat di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya.

Kepala Bidang SDK Damar Pramusinta mewakili Kepala Dinas Kesehatan mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung pengelolaan dan penyajian data dan informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK).

 “Dengan metode pengelolaan data dan informasi yang akurat dan handal tentang SDMK di Wilayah Kalimantan Tengah, para pemangku kebijakan diharapkan dapat mengambil keputusan yang bijak berbasis data yang akurat untuk memenuhi kebutuhan SDMK di wilayah Kalimantan Tengah, sehingga pelayanan kesehatan untuk masyarakat dapat terlaksana semakin baik dari hari ke hari,” ungkapnya.

Disampaikan pula, data dan Informasi tentang SDMK yang bersumber dari Fasilitas Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, RSUD dan Puskesmas se-Kalimantan Tengah, harus dikelola melalui Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) yang terintegrasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memberikan gambaran secara real SDMK di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Ia menambahkan, pada pertemuan ini juga diharapkan 14 Kabupaten/Kota dapat menyiapkan dokumen deskripsi data SDMK wilayah Kabupaten/Kota, yang selanjutnya akan dijadikan masukan terhadap bagaimana bentuk penyajian data SDMK yang mudah diakses, mudah dimengerti dan mudah dipahami dalam penyajiannya untuk Provinsi maupun Nasional.

Turut hadir, Direktorat Jenderal Kementerian Kesehatan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Prov. Kalteng, dan DPMPTSP Kabupaten Kotawaringin Timur. Sedangkan peserta pertemuan berasal dari Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments