P. Raya

Sri Widanarni Hadiri Diseminasi Perekonomian Prov. Kalteng

PALANGKA RAYA – Asisten Bidang Perkonomian dan Pembangunan (Ekbang) mewakili Gubernur Kalteng Hadiri kegiatan Diseminasi Perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di GPU Tambun Bungai Palangka Raya.

Asisten Ekbang Sri Widanarni saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan dan komitmen Bank Indonesia, dalam pengembangan perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah, dan diseminasi perluasan peran hilirisasi peningkatan nilai tambah produk di Kalimantan Tengah serta pengembangan sektor riil UMKM,” ucapnya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Prov. Kalteng, perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah di triwulan II 2024 mengalami perlambatan pertumbuhan menjadi 3,80% (y-on-y) atau melambat dari triwulan I 2024 yang sebesar 5,01% (y-on-y).

Menindaklanjuti hal tersebut, dan dalam rangka meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, diperlukan langkah konkrit untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, “salah satunya adalah meningkatkan peran sektor hilirisasi melalui kebijakan dan pembiayaan,” kata Asisten Ekbang.

Disebutkannya pula, pertumbuhan ekonomi Prov. Kalteng pada triwulan II 2024 bertumpu pada sektor pertanian dan perkebunan, dengan pangsa 22,69 persen, kemudian sektor industri pengolahan dengan pangsa 16,02 persen, dan dilanjutkan sektor perdagangan dengan pangsa 12,89 persen. Sementara, sektor pertambangan memiliki distribusi 10,02 persen dan transportasi pergudangan dengan pangsa 7,99 persen.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah lingkup Prov. Kalteng, perwakilan dari Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan dan Lembaga Keuangan Prov. Kalteng.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments