Kotim

Disbudpar gelar “PERSAMI” : Memperkenalkan Kebudayaan Kotawaringin Timur

SAMPIT – Bertempat di musium kayu Sampit, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) baru-baru ini mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh wilayah Kotim.

Pada hari Senin 06/11/2023, Ia mengatakan, "Khusus di Tahun 2023 ini, kami mengusung tema kebudayaan dalam kegiatan Persami ini. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan kebudayaan lokal kami," kata Masnah, Kepala Bidang Sejarah, Pelestarian Cagar Budaya, dan Permuseuman Disbudpar Kotim.

Sebanyak 150 perwakilan siswa tingklat SMP dan SMA dari setiap Kecamatan di Kotim ikut dalam kegiatan Persami, yang  berlangsung selama dua hari, dari tanggal 4 hingga 5 November, di Museum Kayu Sampit.

Berbagai kegiatan budaya, seperti tarian tradisional dan permainan tradisional, diadakan selama acara tersebut. Hal ini bertujuan agar generasi muda dapat mengenal kebudayaan Kotim dan, diharapkan, akan berperan dalam pelestarian kekayaan budaya tersebut.

Ia menambahkan, "Kami juga menyelenggarakan seminar bagi para peserta. Kegiatan ini merupakan wahana pendidikan yang memungkinkan mereka terlibat langsung dalam memajukan kebudayaan Kotim tentunya," ungkapnya lugas.

Terakhir ia menyampaikan harapannya, "Kami berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, peserta dapat lebih memahami tentang Museum Kayu dan tujuan kami ke depan adalah agar museum ini semakin dekat dengan generasi milenial yang mendominasi masyarakat," pungkasnya.

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments