Barut

Diskominfosandi Barito Utara Gelar Bimtek Jurnalistik Untuk Cakap Media

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) setempat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik untuk Barito Utara Cakap Media, di gedung balai Antang Muara Teweh, Senin (29/7/2024).

Kegiatan tersebut dibuka Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melalui Asisten Bidang Pemerintahan Eveready Noor dan dihadiri sejumlah dinas instansi, pelajar SMA Sederajat dan undangan lainnya serta narasumber dari Tempo Jakarta. 

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara saya mengucapkan selamat datang kepada Mohammad Taufiqurohman, Alfan Noviar dan Rini Kustiani narasumber dari Tempo Jakarta di Kabupaten Barito Utara, saya ucapkan terima kasih atas kesediaanya berkenan menjadi narasumber pada bimbingan teknis ini,” kata Pj Bupati melalui Asisten Sekda Eveready Noor.

Dikatakannya, era digital saat ini telah membuka cakrawala baru dalam penyebaran informasi. Informasi mengalir dengan cepat, mudah diakses, dan siapa pun dapat menjadi penyebar informasi. Namun, dibalik kemudahan ini, kita juga harus waspada terhadap potensi penyebaran informasi yang tidak akurat dan bertanggung jawab.

“Di tengah arus informasi yang deras ini, peran pengelola media sangatlah penting, kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi sumber informasi yang kredibel dan dapat diandalkan bagi masyarakat. Oleh karena itu, bimbingan teknis jurnalistik ini menjadi sangat penting,” kata dia.  

Dirinya juga berharap setelah mengikuti bimbingan teknis ini para peserta dapat memahami kaidah jurnalistik yang baik dan benar dalam merilis informasi menjadi sebuah berita yang menarik bagi para pembacanya.

“Dan mampu menghasilkan konten media yang berkualitas, informatif, bertanggung jawab dan dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai teknik penulisan, etika jurnalistik, serta cara memanfaatkan teknologi terbaru dalam proses peliputan dan penyampaian berita,” imbuhnya.

Lebih lanjut Eveready Noor mengatakan Pemkab Barito Utara sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini.  “Kami berharap, melalui bimbingan teknis ini, tercipta jurnalis - jurnalis handal, profesional dan berintegritas di Barito Utara,” kata dia lagi.

Sekali lagi kata Pj Bupati Muhlis melalui Asisten Sekda atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi–tingginya kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara beserta jajarannya atas  terlaksanya acara bimbingan teknis jurnalistik untuk Barito Utara cakap media tahun 2024 ini. 

Dan katanya kepada para peserta, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Serap ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh para narasumber. “Sehingga dapat meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan konten media dan pemberitaan di Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfosandi Barito Utara HM Ikhsan mengatakan dalam kegiatan bimtek Jurnalistik untuk Barito Utara Cakap Media ini diikuti sebanyak 50 peserta dari Dinas Instansi di lingkup Pemkab Barito Utara dan diikuti para pelajar tingkat SLTA Sederajat. “Bimtek dilaksanakan di selama dua hari, untuk kegiatan pembukaan di laksanakan di gedung balai Antang Muara Teweh dan kegiatan lainnya dilaksanakan di aula Setda lantai I,” kata HM Ikhsan.

 

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments