P. Raya

DLH Launching Aplikasi Informasi Pak Sam 

PALANGKA RAYA - Pemerintah Kota Palangka Raya memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Kegiatan ini berlangsung di Jl. Ais Nasution, Tepatnya di seberang SMPN I Negeri  Palangka Raya, Jumat (23/02/2024). 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya, Achmad Zaini menyampaikan bahwa Kepala DLH Kota Palangkaraya, Achmad Zaini menambahkan, DLH saat ini sudah mempunyai dua aplikasi terkait dengan pengelolaan sampah, yakni Aplikasi Bang Apul yang menyediakan informasi jasa operator pengangkutan sampah, dan informasi bank sampah. 

"Untuk selanjutnya, ada aplikasi informasi Pak Sam merupakan pengembangan dari inisiatif Bang Apul yang fokus pada pemetaan lokasi dan prasarana persampahan. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi terperinci mengenai tempat pembuatan sampah sementara, tempat pembuangan sampah akhir, dan pusat daur ulang," ucapnya.

Melalui aplikasi Informasi Pak Sam, masyarakat dapat dengan mudah melihat lokasi-lokasi terdekat untuk membuang sampah. Ini membantu mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan di jalan-jalan, karena aplikasi memberikan panduan jelas mengenai tempat-tempat yang disediakan untuk pembuangan sampah. 

"Penting untuk diingatkan bahwa saat ini aplikasi Info Pak Sam belum tersedia di Play Store, namun masyarakat dapat mengaksesnya melalui website resmi Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya," jelasnya. 

Zaini menegaskan bahwa ke depannya, aplikasi ini akan dapat diunduh melalui PlayStore, memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk memanfaatkan informasi tentang pengelolaan sampah di kota tersebut.

"Untuk memahami bahwa saat ini aplikasi belum diluncurkan di Play Store dan hanya dapat diakses melalui website resmi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya. 

Diharapkan aplikasi ini segera dapat tersedia di Play Store, memungkinkan lebih banyak masyarakat untuk menggunakannya dan mendukung penyebaran serta pertumbuhan yang pesat dalam upaya pengelolaan sampah di wilayah tersebut.  

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments