Kalteng

DPRD minta Kades dan perangkatnya bijak dalam kelola Dana Desa

PURUK CAHU – Mengingat kompleknya persoalan dana desa yang rentan disalah gunakan menjadi perhatian penting bagi beberapa desa, mengingat jumlahnya yang signifikan setiap tahun meskipun pencairannya dilakukan bertahap dan dalam jangka waktu yang relatif panjang.

Rahmat Hidayat selaku Anggota DPRD Murung Raya, menekankan perlunya kepala desa dan perangkatnya untuk berhati-hati dalam melaksanakan program dengan dana desa. Tak kalah pentingnya pengawasan dari masyarakat juga memberi andil besar agar penggunaan dana desa tersebut tidak salah sasaran atau malah diselewengkan.

Ia menegaskan, “Penggunaan dana desa harus selalu diawasi oleh masyarakat desa setelah pencairan. Kita harus memastikan agar tidak ada penyimpangan dari rencana yang sudah disepakati,” ungkapnya.

Pengawasan bersama oleh masyarakat desa merupakan bentuk perhatian bersama, untuk memastikan program pemerintah desa berjalan sesuai tujuan.

Tambahnya lagi, “Peran aktif masyarakat dalam mengawasi penggunaan dana desa sangatlah  penting dan krusial menghindari risiko merugikan keuangan desa, gunakan dalam program seefektif mungkin,” tutupnya.

 

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments