P. Raya

Dukung Pelayanan Penyelamatan Di Kalteng, Kantor Basarnas hadir di Kota Palangkaraya

PALANGKA RAYA - BASARNAS atau Badan Sar Nasional di wilayah Kalimantan Tengah, kini telah berdiri di Kota Palangkaraya beralamatkan di jalan Adonis Samad. Keberadaan lembaga pemerintahan non kementerian yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Sar (Search and Rescue) pencarian dan pertolongan ini dapat menjalankan tugas dan fungsi di wilayahnya Rabu pagi 16 Februari 2022.

Berdirinya kantor baru Basarnas di wilayah Kota Palangkaraya ini sejak pembangunan pada tahun 2021. Basarnas telah menempati kantor baru setelah menyelesaikan kepengurusan administrasi dan operasional pada januari tahun 2022.

Kehadiran Basarnas kota Palangkaraya ini dalam menjalankan Tugas Pokok sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.43 Tahun 2005 Tentang Organisasi dan tata kerja Departemen Perhubungan. Badan SAR Nasional yang mempunyai tugas pokok, diantaranya pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi Search and Rescue (SAR) terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan atau penerbangan, serta memberikan bantuan SAR dalam penanggulangan bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR Nasional dan Internasional.

Kepala Basarnas Kota Palangkaraya Muhammad Hariyadi mengatakan Kantor Sar Kota Palangkaraya merupakan tanggung jawab administratif yang membawahi pos SAR sampit, Kotawaringin Timur dan pos SAR Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

Sementara itu, keterlibatan terhadap masyakarat umum pihaknya tetap menjalankan tugas pokok yakni seperti sosialisasi, pembinaan dan kerjasama apabila terjadi musibah di wilayah kerja kantor SAR Palangkaraya. Pihaknya tetap berkoordinasi dengan unsur-unsur terkait yang ada di wilayahnya. 

Hariyadi menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah kantor membawahi Provinsi Kalimantan Tengah kota Palangkaraya Kalimantan Tengah apabila ada kendala yang terkait dengan bantu SAR seperti orang tenggelam dan lain-lain dapat menghubungi nomor telepon layanan bebas biaya pulsa di 115 Pihaknya siap membantu kapanpun dan di manapun.

 

(Surya Adi Winata)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments