P. Raya

Ekspor Kalimantan Tengah Meningkat 0,89 Persen Sedangkan Inflasi Capai 0,50 Persen

PALANGKA RAYA  - Perkembangan perdagangan luar negri Provinsi Kalimantan Tengah, pada februari mengalami peningkatan sebesar 0,89 persen dibandingkan januari 2023. Hal itu di sampaikan saat rilis Badan Pusat Satatistik (BPS) Provinsi Kalimantan tengah pada senin 3 april 2023.

Kenaikan nilai ekspor Kalimantan Tengah  mencapai kisaran angkan US$ 502,82 (Limaratu dua koma delapan puluh dua juta US Dolar ) atau meningkat sebesar 0,89 persen, dengan komoditas utama penyumbang ekspor tertinggi dari sektor Batu bara, minyak kelapa sawit, emas bongkahan, kayu log, dan bijih zirkonium.

Adapun untuk negara tujuan ekspornya yaitu Jepang, India, dan Tiongkok. Kemudian dilihat dari perkembangan indeks konsumsi Kalimantan tengah pada maret 2023, dua kota yaitu Palangkaraya dan Sampit kembali alami Inflasi sebesar 0,50 persen, hal itu terjadi salah satunya dikarenakan adanya kenaikan indeks harga pada kelompok transportasi sebesar 1,32 persen, diikuti kelompok makanan, minuman, dan tembakau 1,00 persen, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya 0,62 persen, serta di ikiti oleh kelompok rumah tangga lainnya.

Untuk Inflasi tahun kalender Maret 2023 terhadap Desember 2022 gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit, tercatat sebesar 0,74 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 5,62 persen.

Untuk Komoditasnya sendiri yang memberikan sumbangan inflasi pada Maret 2023 antara lain beras, angkutan udara,cabai rawit, bensin, rokok kretek filter, bawang putih, ikan, minyak goreng, dan emas perhiasan.

 

(Fardoari)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments