P. Raya

Staf Ahli Gubernur Kalteng Suhaemi Hadiri Rapat Rakorda Program Bangga Kencana Dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA –Usai membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalteng, bertempat di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi mewakili Gubernur Kalteng mengatakan, pencegahan stunting dilakukan dari hulu sebagai akar dari proses panjang yang akan bermuara pada tumbuh kembang anak, yakni melalui program pendampingan, konseling, dan pemeriksaan kesehatan tiga bulan pra nikah.

“Ketiga program itu bisa dilakukan lewat pengisian Aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (ELSIMIL) yang di-launching BKKBN beberapa waktu lalu, guna memastikan calon pasangan usia subur berada pada kondisi ideal untuk menikah dan hamil. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk aktif berpartisipasi dan menyukseskan program pendampingan, konseling, dan pemeriksaan kesehatan tiga bulan pra nikah, khususnya melalui Aplikasi ELSIMIL,” ucap Suhaemi pada Kamis 30 Maret 2023.

Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN RI Sukaryo Teguh Santoso menyatakan Pemerintah telah menetapkan stunting sebagai isu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target penurunan yang signifikan dari 21,6 persen pada tahun 2022 menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalteng Dison menyampaikan Rakorda ini bertujuan untuk meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi pemangku kepentingan di tingkat Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta para mitra dalam pencapaian sasaran Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Turut hadir Unsur Forkopimda, Pj. Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing, dan Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments