P. Raya

Empat Jalur PPDB Perlu Pengawasan Masyarakat Agar Adil dan Bebas Pungli

PALANGKA RAYA - Empat Jalur PPDB Perlu Pengawasan Masyarakat Agar Adil dan Bebas Pungli. Hal itu disampaikan Jayani Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya. Jayani menyampaikan tahun ini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, ada empat jalur penerimaan siswa didik baru, melalui jalur sistem zonasi, afirmasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua.

"Ke empat jalur yang ditetapkan ini, untuk memastikan proses PPDB berjalan secara transparan, adil dan transparan sesuai kebutuhan masyarakat.

Dijelaskan Jayani, jalur zonasi memastikan siswa yang mendaftar sesuai dengan tempat tinggalnya, berikutnya jalur afirmasi yang diperuntukan bagi siswa yang tidak mampu, sehingga siswa tidak mampu mempunyai kesempatan yang sama.

Sedangkan jalur prestasi di peruntukan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik atau non akademik di jenjang pendidikan sebelumnya.

Sementara untuk jalur terakhir yaitu jalur perpindahan orang tua, diperuntukan bagi siswa yamg orang tuanya mengalami perpindahan tugas kerja ke wilayah Kota Palangka Raya. Jalur ini diadakan untuk memudahkan siswa beradaptasi dengan lingkungannya.

Dalam penerimaan siswa baru ini, Jayani menekankan akan pentingnya pengawasan serta partisipasi masyarakat dalam proses PPDB untuk mencegah adanya pungutan liar dan korupsi.

 

(Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments