P. Raya

Faridawaty Darland Atjeh Dorong Pengelolaan Desa Wisata di Perkotaan

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mendo-rong pengelolaan desa wisata secara maksimal di wilayah perkotaan oleh pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait.

Menurutnya, potensi desa wisata di wilayah perkotaan akan memberikan dampak positif, baik bagi daerah itu sendiri maupun masyarakat dan di wilayah Kalteng ini disejumlah daerah pasti ada desa yang berpotensi bisa dikelola oleh pemda sebagai desa wisata.

"Saya yakin di kabupaten atau kota di Kalteng ini ada desa di wilayah perkotaan yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata. Saat ini khususnya di Kalteng sendiri masih minim desa wisata, meskipun ada pengelolaannya masih belum maksimal," katanya Kamis 30 Maret 2023.

Dia mengatakan, Kalteng seharusnya dapat mencontohkan Desa Wisata yang ada di Jakarta yakni Pecinan Glodok. Desa itu berkembang pesat dan terkelola dengan baik sehingga pada tahun 2022 lalu mendapat anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Disebutkannya, desa wisata apabila dikelola dengan baik pasti  akan dapat men-datangkan wisatawan untuk berkunjung dan itu tentu memberikan dampak positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD) maupun perekonomian masyarakat melalui UMKM.

Di sisi lain, dalam mengelola sebuah desa wisata tentunya juga harus ada kolaborasi antara pemda dengan pemerintahan desa maupun masyarakat, sehingga desa itu mampu berkembang dan menjadi desa wisata yang dapat menarik minat wisatawan baik lokal, nasional maupun internasional.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments