Kapuas

Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kapuas 2021 Resmi Ditutup

KAPUAS - Festival Seni Budaya Tinggang Manteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 resmi ditutup pada, selasa 21 september 2021 malam kemarin.

Festival Seni Budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Tahun 2021 yang berlangsung selama dua hari ditutup secara resmi oleh ASISTEN Perekonomian Dan Pembangunan Setda Kabupaten Kapuas, Salman Bertempat di Gedung Gandang Garantung Kuala Kapuas.

Acara penutupan festival seni budaya tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kapuas, Haji Suparman, Ketua Koni Kapuas, Haji Saferaniansyah dan Sejumlah Camat.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kapuas, Haji Suparman mengatakan, dalam Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Tahun 2021, ada beberapa lomba yang dilaksanakan, yaitu lomba karungut, lomba lawang sakepeng, lomba balogo dan lomba bagasing.

Suparman berharap kedepannya festival ini bisa lebih baik lagi dan juga banyak kader peserta dari generasi muda yang mengikuti festival ini, sehingga mereka bisa lebih mengenal tentang budaya daerah Kalimantan Tengah.

Adapun untuk juara pertama lomba karungut putra diraih oleh peserta dari Kecamatan Basarang, juara 1 lomba karungut putri diraih oleh peserta dari Sekolah SMA Negeri Dua Selat.

Sedangkan juara pertama lomba balogo diraih peserta dari Kecamatan Kapuas Murung, juara pertama lomba bagasing diraih peserta dari Kecamatan Pulau Petak dan juara pertama lomba lawang sakepeng di raih oleh peserta dari Sekolah SMK Negeri Tiga Selat.

Sementara itu, Camat Basarang, Mujiono mengatakan, pihaknya ikut berpartisipasi dalam Festival Seni Budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung ini, adalah untuk turut melestarikan seni budaya dayak yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Kapuas.

 

(Irfansyah)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments