P. Pisau

FGD merupakan Langkah kongkret sinergi antara pemerintah kabupaten dan BPS

PULANG PISAU - Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Lisa Navratilova, mengungkapkan bahwa Focus Group Discussion (FGD) merupakan langkah konkret dalam sinergi antara pemerintah kabupaten dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menghasilkan data terpadu sebagai landasan pembangunan. Data, menurutnya, adalah kumpulan informasi dari pengamatan dan pencarian yang diperoleh melalui metode tertentu, disajikan dalam bentuk publikasi yang kompleks dan akurat.

Lisa menjelaskan bahwa sinkronisasi data statistik memiliki peran vital dalam perencanaan pembangunan. Data statistik berperan dalam memahami tren masa depan, menetapkan prioritas pembangunan, dan melakukan evaluasi. Melalui data, pemerintah lokal dapat mengambil kebijakan dengan lebih mudah.

Dalam FGD, kerjasama dan sinergi antara pemerintah daerah dan BPS, khususnya Diskominfostandi sebagai penjaga data statistik dan dinas terkait sebagai produsen data, dapat menghasilkan data angka yang mendukung pembangunan yang lebih baik.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pulang Pisau, Oo Suharto, menjelaskan tujuan FGD adalah menyamakan data untuk penyusunan publikasi tahun 2023. Tujuan ini bertujuan untuk memastikan pemerintah memiliki basis data yang terpercaya, valid, dan akurat. Sebelum dipublikasikan, data dibahas bersama pemerintah setempat untuk mencapai kesepahaman dan menghindari perdebatan.

Publikasi Pulang Pisau dalam angka 2023 diharapkan bisa dirilis pada awal Maret mendatang.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments