P. Raya

Food Estate Angkat Harkat Martabat Petani

 

FOTO: SETDA KALTENG

KUALITAS BERAS - Plt Gubernur Kalteng Habib Said Ismail Bin Yahya beserta jajarannya saat melakukan kunjungan ke kawasan food estate di Desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, sekaligus melihat kualitas beras yang dihasilkan, Sabtu (10/10).

 

PALANGKA RAYA­ – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Said Ismail Bin Yahya beserta jajarannya melakukan kunjungan ke kawasan food estate di Desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Sabtu (10/10).

 

Dalam kunjungannya Habib Ismail meninjau proyek rehabilitasi jaringan irigasi di petak A5. Usai meninjau jaringan irigasi, rombongan menuju lokasi panen padi Desa Petak Batuah di petak A2.

Habib Ismail mengatakan, program food estate bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

 

“Kita perlu bersyukur tahun ini program bisa berjalan. Saya pikir program ini dapat meningkatkan harkat, martabat, derajat, serta kesejahteraan petani. Sebab saat ini petani sangat diperlukan dalam pemulihan ekonomi Indonesia,”ungkapnya.

 

Habib Ismail juga mengungkapkan, program food estate nantinya dapat membuka ribuan lapangan pekerjaan. Diharapkan nanti masyarakat khususnya anak muda bisa ikut ambil andil dalam proyek besar ini.

 

“Saya ingin program food estate ini dapat merangsang minat anak muda untuk bekerja di bidang pertanian,”tuturnya.

 

Melalui program food estate, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas para petani dalam mengembangkan pertanian di Kalteng.

 

“Apabila sebelumnya petani kita menghasilkan 5 ton beras , setelah program food estate diluncurkan, saya yakin petani bisa menghasilkan 7 sampai 10 ton,” terangnya.

 

Seperti yang telah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo saat melakukan penanaman perdana di kawasan Food Estate yang berada di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, kawasan food estate di Kalteng akan digarap di lahan seluas 168.000 ha. Untuk Tahun 2020, program Food Estate di Kalteng dikerjakan di lahan seluas 30.000 ha sebagai model percontohan.

 

Lahan tersebut ada di Kabupaten Pulang Pisau seluas 10.000 ha dan Kapuas 20.000 ha. Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan Food Estate di Kalteng tidak hanya untuk persawahan tetapi juga akan ditanami tanaman lainnya.

 

(EDY/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments