P. Raya

Food Estate Kembangkan Pertanian Secara Terintegras

FOTO: SEKDA KALTENG

PANEN RAYA - Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka panen raya padi di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, beberapa waktu lalu.

 

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, program food estate nantinya akan mengembangkan pertanian secara terintegrasi, baik pertanian, perkebunan, maupun peternakan, yang diharapkan meningkatkan produktivitas dan sekaligus kesejahteraan para petani.

 

“Saya berharap dengan adanya, program food estate dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,”ungkapnya, Jumat (02/10/2020)

Fahrizal menjelaskan, program food estate nantinya dijalankan dengan metode pertanian modern, dengan melalui berbagai intervensi, mulai dari produksi, panen, pengolahan, hingga produk siap jual.

 

“Segala sarana dan prasarana akan disiapkan untuk mendukung program food estate, diantaranya alat-alat pertanian seperti harvester combine, traktor nanti tujuannya untuk pengolahan lahan, selanjutnya pembangunan infrastruktur, perbankan, dan penunjang lainnya,”tambahnya.

 

Dalam prosesnya, petani akan selalu mendapatkan pembimbingan dari dinas-dinas instansi teknis, seperti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Dinas Pertanian.

 

Program Food Estate ini nanti tidak hanya padi saja yang ditanam, namun ada kombinasi. Di daerah Tahai Baru, sudah ada modifikasi di antara batas-batas setiap 200 meter dibangun jalan usaha tani, kiri kanannya ditanami jeruk, terus dibikin saluran pengairan, terus di situ nanti diberi bibit ikan.

 

“Ini salah satu bagian dari program untuk menambah pendapatan dari para petani,” tegas Sekda.

 

Dengan adanya bantuan sarana dan prasarana produksi pertanian diharapkan nantinya dapat dikelola secara baik dan secara profesional oleh para petani, sehingga program food estate dapat keberlanjutan.

 

“Saya harap para petani dapat memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin untuk menunjang perekonomian,”pungkasnya.

 

(EDY/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments