P. Raya

Gerakan Penanaman Pohon Serentak Di Seluruh Indonesia

PALANGKA RAYA - Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Pada Acara Penanaman Pohon Serempak Di seluruh Indonesia Tahun 2024. Kegiatan di selenggarakan di Universitas II Muhammadiyah, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Minggu (14/1/2024).

"Sambutan dari Menteri KLHK  Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dalam hal ini diwakili oleh Taruna Jaya Tenaga Ahli Menteri Bidang  BPDAS Jawa Barat - Banten  menyampaikan, "Presiden RI, kita melaksanakan kegiatan penanaman pohon secara serentak di seluruh provinsi Indonesia, dengan pusat kegiatan di Provinsi Banten. Lokasi penanaman merupakan lokasi lahan kritis yang menjadi target pemerintah dalam upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup."

Bibit yang ditanam berupa jenis bibit kayu-kayuan dan bibit buah MPTS yang berasal dari persemaian permanen dan pusat persemaian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pelaksana penanaman terdiri dari unsur UPT KLHK, OPD, tokoh masyarakat, aktivis pecinta alam dan lingkungan, para generasi muda serta masyarakat umum lainnya. 

Lebih lanjut Taruna jaya menambahkan, Sebuah gerakan di masyarakat yang membudaya  mungkin juga pernah men-sted bahwa satu orang sepanjang hidupnya itu menanam sekurang-kurangnya 25 batang pohon. 5 pada saat SD, 5 batang pohon pada saat SMP, 5 batang pohon pada saat SMA 5, batang pohon pada saat kuliah dan 5 batang pohon.

"Ketika akan melangsungkan pernikahan juga sudah trren dengan memberi soevenir bibit pohon. Jadi sekurang-kurangnya menanam 25 batang bibit pohon, "tuturnya.

Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman pohon yang telah dilakukan pada tanggal 30 Desember 2023 yang lalu di Lokasi RHL dan selanjutnya pada bulan ini dilakukan penanaman dalam rangka penghijauan lingkungan di Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Pihaknya berharap agar selanjutnya tanaman yang telah kita tanam dilakukan pemeliharaan intensif. 

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengagendakan penanaman lanjutan pada bulan Februari, Maret, dan April 2024 di seluruh Indonesia. sekaligus melaksanakan arahan Presiden Republik Indonesia untuk terus melakukan penanaman di sepanjang musim penghujan 2023/2024. Hal ini merupakan langkah nyata untuk terus melakukan  penanaman pohon bersama seluruh elemen Masyarakat di seluruh wilayah Indonesia sepanjang musim penghujan,"Imbuhnya.

Bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan langkah nyata untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi generasi mendatang juga dilakukan melalui aktivitas pilah sampah dan kelola sampah dengan bijak. 

''Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat meningkatkan kesadaran dan merubah perilaku masyarakat akan pentingnya pilah sampah dan bagaimana hal ini dapat memberikan manfaat besar bagi kita semua. Mari kita tingkatkan kerjasama dan solidaritas dalam menjaga kebersihan lingkungan, karena kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita Bersama. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan menjadi amal ibadah serta memberikan manfaat bagi kita bersama,"Tutupnya.

Kegiatan di hadiri oleh, wakili oleh Taruna Taruna Jaya Tenaga Ahli Menteri Bidang Pengelolaan BPDAS Jawa Barat – Banten, Wakil Gubernur Provinsi Kalteng, Pj. Wali Kota Palangka Raya, Rektor Universitas Palangka Raya. Rektor UMP  Palangka Raya. Komandan Resor Militer 102 Palangka Raya.

Kapolresta Palangka Raya. Komandan Distrik Militer 1011 Palangka Raya. Kepala SKPD Wilayah Provinsi kalteng,  Kepala UPT KLHK Provinsi Kalteng, Dosen dan Civitas Akademik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Asosiasi Masyarakat, Kelompok Tani dan Tokoh Masyarakat. Gerakan Pemuda, Mahasiswa, Pramuka, dan Green Ambassador Provinsi  Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments