Barut

Kodim 1013/Mtw Laksanakan Bhakti Sosial, Pengobatan Dan Sunatan Massal Di Lokasi Bencana Banjir

MUARA TEWEH - Berbakti Untuk Negeri", wujud pengabdian kepada masyarakat dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan bantuan serta pengimplementasian kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Itulah yang dilakukan Kodim 1013/Mtw yang melaksanakan kegiatan bhakti sosial bersama, pengobatan dan sunatan massal di lokasi bencana banjir, di GOR Serbaguna Kelurahan Lahei II Kecamatan Lahei, Kamis (18/01/23).

Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Agussalim Tuo, S.H M.IP., mengatakan dalam kegiatan baksos integrasi di lokasi banjir sebagai wujud kepadulian TNI, Instansi terkait maupun pengusaha kapada masyarakat Kecamatan  Lahei dan Lahei Barat yang terdampak banjir.

Menurut Dandim, pihaknya telah banyak melaksanakan kegiatan yang diperintahkan oleh  Kasad melalui Pangdam dan Danrem yaitu berupa kegiatan Bhakti TNI, yang tujuan utamanya membantu kesulitan masyarakat. Dalam hal ini Kodim menginisiasi kegiatan dengan menggandeng maupun bersama-sama dalam menangani kesuliatan rakyat di wilayah sebagai langkah menumbuhkan kepekaan sosial.

Seperti  diketahui bersama, kata Dandim, banjir ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari terakhir yang menyebabkan sungai barito meluap dan menggenangi ruas jalan hingga pemukiman warga.

Banjir ini juga sudah menjadi rutinitas saat musim penghujan dan dianggap biasa oleh masyarakat DAS Barito namun kendati demikian hal ini pasti berdampak pada kelangsungan hidup masyarakat yang terdampak banjir, terutama masalah ekonomi. Dijelaskannya, target utama kegiatan bakti sosial ini adalah keluarga terdampak banjir yang melanda khususnya Kecamatan  Lahei dan Kecamatan Lahei Barat.

"kami keluarga Besar Kodim 1013/Mtw turut perihatin atas bencana yang melanda di wilayah kita ini, kami berharap kegiatan Bakti sosial yang dilaksanakan dapat membantu meringankan beban serta sedikit bantuan yang kami berikan kepada bapak dan ibu juga dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pada masa banjir ini" ungkap Dandim

Sementara itu, Pj. Bupati Barito Utara, Drs.Muhlis  mengungkapkan, terimakasih kepada Dandim atas inisiatif kegiatan ini dapat terselenggara dan memang kegiatan ini dapat terselenggara juga dari sumbangan Forkopimda, Dandim, Kapolres, Instansi terkait dan beberapa perusahaan yang berada di sekitar kecamatan Lahei ini. 

Diinformasikan juga untuk debit air sungai Barito ini dari hari Senin sudah naik.berdasarkan data terakhir dari Kalak BPBD. Untuk debit air hari ini naik 30 cm dari hari kemarin.Sehingga ketinggalan air sungai Barito menjadi 13,40 M. 

"Namun berita gembira debit air di hulu informasinya sudah mulai turun. Pemerintah daerah akan alokasikan dana kalau banjir tidak kunjung surut dan masuk tanggap darurat dan akan bersama dengan instansi terkait akan bekerjasama,"pungkasnya.

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments