P. Raya

GMNI Teknik UPR 'Literasi' Di LPKA Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA -Maraknya kejahatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur disebabkan karena kurangnya edukasi yang tepat serta lingkungan sekitar yang mempengaruhi anak untuk melakukan kejahatan.

Disahkan Undang-undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan anak berimplikasi pada sistem Pemasyarakatan di Indonesia, khususnya dalam fungsi pemasyarakatan terkait perawatan, pelayanan dan pembinaan Anak yang berhadapan dengan Hukum (ABH). Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) merupakan lembaga baru yang menggantikan fungsi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak sebagai tempat pelaksana pembinaan bagi Anak.

"Banyak masyarakat terkhusus kota Palangka Raya yang belum mengetahui tentang LPKA kelas II" ucap Pak Kepala LPKA kelas II kota Palangka Raya dalam kata sambutannya kemarin (Sabtu,11/12/2021). 

Alasan itulah yang mendorong kami DPK GMNI TEKNIK UPR untuk melantaskan minat literasi melalui kegiatan "Donasi Literasi" disana, kami ingin berkontribusi untuk anak-anak di LPKA kelas II kota Palangka Raya sebagai wujud kepedulian kami terhadap masa depan bangsa melalui literasi.

Donasi yang telah terkumpul dari beberapa donatur berupa buku pelajaran serta bacaan umum dan uang telah disalurkan kepada anak-anak LPKA kelas II kota Palangka Raya pada Sabtu, 11 Desember 2021.

DPK GMNI TEKNIK UPR disambut baik oleh anak-anak disana dan juga Kepala LPKA kelas II kota Palangka Raya beserta petugas disana. 

Ngadi,S.H, selaku Kepala LPKA kelas II kota Palangka Raya mengucapkan berterima kasih atas perhatian dari donatur dan DPK GMNI TEKNIK UPR, berkat kegiatan ini LPKA kelas II kota Palangka Raya dapat diketahui keberadaannya oleh masyarakat.
Ia menambahkan, semoga kegiatan sosial seperti ini terus berlanjut untuk meningkatkan minat literasi bagi anak-anak terkhusus di Kalimantan Tengah.

Di tempat tersebut ada sekitar 27 orang anak yang menjadi binaan LPKA kelas II kota Palangka Raya. Saat kami datang, antusias mereka sangat tinggi bahkan semangat ketika pembelajaran singkat berlangsung. Materi yang di ajarkan oleh kami, antara lain Pancasila, Mulok dan IPA.

DPK GMNI TEKNIK UPR selaku pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih kepada para donatur atas partisipasinya dalam kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah ikut bergabung, memberikan waktu dan tenaga demi kelancaran acara ini.

Diakhir kegiatan, DPK GMNI TEKNIK UPR, anak-anak dan petugas disana foto bersama untuk mengenang kegiatan ini.

(Apri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments