Kalteng

Gubernur Kalteng Dukung Kongres Masyarakat Dayak Lintas DAS

PALANGKA RAYA - Aliansi masyarakat lintas Dayak daerah aliran sungai Kalimantan Tengah  atau dikenal juga masyarakat lintas Dayak Das Kalteng,  bersiap mengadakan Kongres Masyarakat Dayak DAS Kalteng 2020.  Persiapan kongres ini diawali dengan pra kongres I pada Senin lalu.

 

Kongres I Masyarakat Lintas Dayak Daerah Aliran Sungai Kalteng akan dilaksanakan pada September 2020 yang akan datang.  Sebelum kegiatan tersebut dimulai secara resmi,  Aliansi Masyarakat Dayak Das Kalteng mengadakan pra kongres atau Gathering I. 

 

Kegiatan pra kongres ini dilakukan untuk mengenalkan kegiatan Kongres I agar dapat meningkatkan antusiasme masyarakat pada Kongres I nanti.  Selain itu, kegiatan pra kongres ini juga dilaksanakan untuk menghimpun dukungan.

 

Kegiatan pra kongres ini juga turut mengundang Gubernur Kalimantan Tengah  Sugianto Sabran.  Meskipun belum bisa menghadiri acara tersebut,  Sugianto Sabran mengungkapkan dukungannya melalui sambutan yang disampaikan Hamka. 

 

Sugianto berharap kedepannya melalui Kongres I Masyarakat Dayak Das Kalteng yang diadakan bulan Desember nanti,  partisipasi masyarakat Dayak terhadap pembangungan dan perkembangan daerah semakin besar. 

 

Pada acara ini juga dilakukan lelang benda-benda pusaka yang nantinya hasil lelang akan dihimpun untuk menyukseskan acara Kongres I Masyarakat Dayak Das Kalteng, Semptember yang akan datang. 

 

Kongres I Masyarakat Dayak Daerah Aliran Sungai Kalimantan Tengah sendiri memiliki beberapa pesan  yang disampaikan.  Yang pertama menciptakan semangat kebersamaan masyarakat dayak di Kalimantan Tengah.  Kedua,  kesetaraan sikap dalam segala aspek,  termasuk pembangunan. 

 

Ketiga,  mengimbau seluruh masyarakat Dayak agar menjaga keutuhan bangsa,  dan yang terakhir, meninjau hukum adat yang dinilai kurang relevan untuk diterapkan di masyarakat.

(AD/MB)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments