Nasional

H. Edy Pratowo Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Para Gubernur Wilayah Jawa-Bali dan Kalimantan di Courtyard Bali Nusa Dua

BALI– Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri secara langsung Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Para Gubernur Wilayah Jawa-Bali dan Kalimantan Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Courtyard Bali Nusa Dua Resort Kawasan Wisata Nusa Dua Lot SW1, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu 19 Maret 2022.

Di dalam dialog  Para Gubernur Wilayah Jawa-Bali dan Kalimantan menyampaikan proyek usulan yang paling diprioritaskan di daerah masing-masing di tahun 2023 sebagai bagian atau pendukung pelaksanaan Major Project RPJMN 2020-2024, baik dengan memilih proyek yang telah direncanakan dalam RPJMN 2020-2024 maupun proyek lainnya sebagai usulan strategis dari Pemerintah daerah untuk mendukung Prioritas Nasional (PSN).

Dalam Rakor tersebut, Gubernur Kalteng melalui Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menyampaikan beberapa usulan Proyek Prioritas Strategis di Kalteng, diantaranya Pemenuhan Standar 2-7-2 Ruas Jalan Nasional di Prov. Kalteng Ruas Palangka Raya - Bagugus - Bukit Batu - Lungkuh Layang - Kalahien - Buntok - Ampah - Dayu -Tamiang Layang - Pasar Panas (Batas Kalsel) (266,70 Km), Peningkatan Jalan Benangin - Lampeong - Bts. Kaltim ( 59,20 Km), Pembangunan dan Peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Tani 1 (Dadahup) Kabupaten Kapuas dengan kapasitas 10 L/detik, 600 SR, Pembangunan Kawasan Budidaya Udang Vaname (Shrimp Estate) di Kabupaten Sukamara, pengerukan Dasar Sungai Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Pembangunan UPPKB Simpang Runtu di Kabupaten Kotawaringin Barat dan UPPKB Sampit Bagendang di Kabupaten Kotawaringin Timur serta UPPPKB Lamandau di Kabumpaten Lamandau, Pembangunan Bendungan Multiguna Muara Juloi, Kabupaten Murung Raya, peningkatan Kanal Banjir Saluran Primer XVII (4 Km) dan Saluran Alam Bukit Raya (1,3 Km) Kota Palangka Raya, Rekontruksi saluran drainase utama jl. Raden Saleh Kota Palangka Raya (800 m) serta Pembangunan WaterFront City di Kota Palangka Raya.

“Proyek prioritas strategis yang kita usulkan didasari kebutuhan yang tentu dengan memperhatikan potensi Kalteng yang luar biasa, bila tidak dikembangkan maka ia akan menjadi potensi yang mati dan statis.  Ide dan gagasan bapak Gubernur yang luar biasa, diharapkan dapat terealisasi dengan dukungan pemerintah pusat” ucap Wagub Edy Pratowo seusai mengikuti rakor.

Wagub didampingi Kepala Bappeda Litbang Prov. Kalteng H. Kaspinor.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments