P. Raya

Harga Komoditas Menjelang Idul Adha

PALANGKA RAYA - Menjelang perayaan hari besar, Idul Adha yang semakin mendekat, harga pangan serta komoditas mulai mengalami kenaikan inflasi, harga kenaikan biasanya dipicu oleh berbagai macam faktor. Pihak DPRD Kota menyoroti inflasi tersebut, dan mengapresiasi upaya pemerintah kota dalam menangani inflasi yang terjadi.

Perayaan hari besar, idul adha yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024 mendatang, telah ditunggu oleh banyak masyarakat, umumnya perayaan- perayaan hari besar, cukup berpengaruh kepada harga komoditas yang ada di masyarakat, salah satunya pangan.

Menurut, Yurita, seorang pedagang pangan yang berada di salah satu pasar kota palangka raya, umumnya harga pangan terdapat kenaikan, seperti halnya harga ayam, yang biasanya berada di harga 38 ribu, bisa naik menjadi 48 ribu, begitu pula dengan bawang dan lombok, yang biasanya lombok berada di harga 55 ribu, bisa naik harga ke 75 ribu.

Menurut anwi daging sapi impor menjelang idul adha, harga cukup stabil dan tidak mengalami kenaikan. Kenaikan baru mulai terasa saat hari raya idul fitri dan natal, ia juga menambahkan jika stok daging impor terbilang aman.

Pihak DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina mengatakan, bahwa sebetulnya tidak mengingikan adanya inflasi agar harga tetap stabil, tetapi setiap terdapat adanya perayaan besar, harga selalu berpengaruh ke dalam semua komoditas, momen seperti ini biasanya digunakan oleh spekulan, tetapi beliau mengapresiasi upaya pemerintah untuk menekan harga, agar tidak jomplang dalam lapangan, dengan cara menyebarkan surat edaran.

(Javiere Christopper)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments