P. Raya

Henry Dorong Pemda Gali Potensi dan Peluang PAD

PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Kalteng, Henry mendorong Pemprov Kalteng melalui instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) untuk jeli dalam menggali peluang dalam rangka untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Banyak sektor yang dapat dimaksimalkan oleh pemda selain memaksimalkan pungutan melalui sektor perkebunan dan pertambangan yang menjadi sektor unggulan di wilayah Kalteng. Oleh karena itu, kejelian pemerintah dalam melihat peluang peningkatan PAD sangat diperlukan.

"Salah satu sektor yang dapat dilirik yaitu pada jasa keuangan, yakni deviden. Seperti yang kita ketahui Bank Pembangunan Daerah atau BPD Kalteng melalui penyertaan modal tentunya juga dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan PAD," ujarnya, Jumat 24 Februari 2023.

Dirinya menyebut pemerintah tentunya dapat melirik sektor lain yang memiliki potensi tidak kalah besar dalam upaya peningkatan PAD Kalteng. Seperti halnya memaksimalkan keberadaan food estate yang saat ini sudah berjalan dengan cukup baik.

Menurutnya, food estate tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai penghasil tanaman pangan untuk mendukung ketahanan pangan daerah, tapi juga bisa menghasilkan PAD daerah melalui pajak dan retribusi, melalui kendaraan atau alat berat yang mendukung berjalannya program tersebut.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments