Barut

HUT PGRI & Hari Guru Nasional, Bupati Nadalsyah Ingatkan Para Guru

MUARA TEWEH - Puncak peringatan HUT PGRI ke 76 dan Hari Guru Nasional di Kabupaten Barito Utara, dilaksanakan di Gedung Balai Antang, MuaraTeweh, Kamis (25/11/2021).

Bupati Barito Utara, H.Nadalsyah mengatakan, saat ini memang masih dalam suana pandemi covid 19. Oleh karena itu, tak hentinya melaksanakan himbawan dan melaksanakan protokol kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Nadalsyah juga menghimbau bagi warga yang belum mendapatkan vaksin, hendaknya datang ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksin sesuai yang sudah dianjurkan.

"ini bentuk upaya percepatan terbentuknya kekebalan tubuh  atau herd immunity"kata Nadalsyah.

Terkait dengan peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional, kata dia, pada tanggal 25 November 1945 seratus hari setelah merdeka, di Surakarta, Jawa Tengah, puluhan organisasi guru berkongres bersepakat membentuk satu satunya wadah dengan PGRI.

Sejak lahir PGRI yang bersipat unitaristik,indipenden, dsn nonpolitik fraktis, adalah organisasi profesi, perjuangan dan ketenagakerjaan yang selalu berupaya mewujudkan profesional, sejahtera dan bermartabat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan.guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam menentuman keberhasan pendidikan yang meletakan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik. Hal ini tidak lain untuk mencapai tujuan nasional mencerdaskan bangsa.

"Sejak masa penjajahan, gurus selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat,"ungkapnya.

Menurutnya, melalui tema HUT PGRI ke 76 dan Hari Guru Nasional tahun 2021 adalah "Bangkit guruku maju negeriku, Indonesia tangguh Indonesia Tumbuh. Tema ini menunjukan bahwa PGRI tidak pernah diam dan selalu membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mewujudkan anak Indonesia cerdas dan berkarakter di tengah maraknya persaingan dalam dunia industri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Drs.H.Ardian, Mpd mengatakan, dengan bertambahnya usia dan makin dewasanya PGRI saat ini terus meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Barito Utara.

Ardian juga memaparkan, HUT PGRI dan HGN 2021 rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan yakni sepak bola wanita. Dimana dalam kegiatan salah satu upaya dalam meningkatkan pendidikan dan juga silaturahmi.

"Saya sangat berterimakasih kepada bapak bupati H.Nadalsyah yang terus melakukan pembinaan kepada kami. Dan juga panitia kegiatan yang turut serta dan partisipasi dalam merayakan seluruh rangkaian kegiatan,"pungkasnya.

 

(Syarbaini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments