Kalteng

Indahnya “Rumah Betang” Di Desa Dirung Pundu

PURUK CAHU- Dirung pundu merupakan desa di aliran Sungai Laung yang bermuara di Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimatan Tengah, Desa Dirung Pundu pada saat ini dengan Jumlah Penduduk pada tahun 2024,  sebanyak 603 jiwa, Jumlah.

Penduduk Laki-laki 319, Jumlah Penduduk Perempuan 284, Jumlah Total Kepala Keluarga 195. Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti dengan istilah ( Rumah Betang ) memiliki arti mengedepankan musyawarah dan mufakat kesetaraan sesama manusia, kebersamaan, kekeluargaan/ persaudaraan, persatuan dan taat pada hukum, sehingga tidak salah jika Rumah Betang ini sebagai simbol kerukunan warga Kalimantan Tengah Khusus nya Desa Dirung Pundu. 

Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Selasa, 19 Juni 2024 Pemerintah Desa Dirung Pundu dan BPD, Kecamatan Laung Tuhup , Kabupaten Murung Raya, mengadakan gotong royong bersama dan membersihkan lingkungan Desa Dirung Pundu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. 

Kegiatan gotong royong tersebut di koordinir oleh Kepala Desa Dirung Pundu SAHRIAN (Selaku Kepala Desa), Sekretaris Desa Saudara IWI SUSANTI,S.Kom dan Ketua BPD Desa Dirung Pundu EKA, bersama aparat desa dan BPD serta masyarakat yang ikut membantu melaksanakan kegiatan ini.

Kepala Desa mengatakan, Kerja bakti membersihkan di lingkungan Desa ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput. 

“Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan” terangnya.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial serta rasa kebersamaan dan rasa memiliki yang ditumbuhkan di masyarakat, sehingga harapannya perangkat desa, serta masyarakat desa Dirung Pundu menjadi kompak dan bersatu untuk kemajuan desa.

(Helmi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments